7 Langkah Cara Cerdas dan Cepat Mengerjakan Dapodik

e-Pjok.Web.id 7 Langkah Cara Cerdas dan Cepat Mengerjakan Dapodik . Seiring dengan dirilisnya aplikasi dapodik terkini oleh Kementerian maka para Operator kini akan disibukkan dengan aktivitas penting menyangkut dengan data pokok di sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa data pokok ini biasanya disebut dengan Dapodik.
Dapodik 2020.b

Dapodik adalah kependekan dari Data Pokok Pendidikan yang mana di dalamnya terdapat data-sangat lengkap   menyangkut dengan sekolah. baik sekolah dasar hingga menengah. Melalui Dapodik ini tentunya akan semakin efektif pemerinytah dalam memantau serta memetakan pendidikan di Indonesia berdasarkan data yang telah dihimpun oleh dapodik ini.

Dapodik di sekolah-sekolah biasanya dikerjakan oleh seorang teknisi atau pegawai khusus untuk mengerjakan dapodik ini. Dengan kata lain, terdapat staf atau karyawan khusus yang bertugas pada dapodik ini. namun demikian banyak juga sekolah-sekolah yang menugaskan guru yang aktif untuk ikut andil juga sebagai operator sekolah untuk menyelesaikan dapodik ini.

Mengerjakan Dapodik memang sangat menyita waktu yang banyak dan terkadang menjenuhkan. Namun demikian mau tidak mau sekolah wajib mengirimkan datanya melalui dapodik ini. Bagaimana tidak? Beberapa hal yang sangat berdampak nantinya dalam pengisian Dapodik ini. Hal tersebut seperti BOS, Sarpras, Peserta didik, bahkan hingga aneka tunjangan untuk Guru.

Berdasarkan permasalahan di atas, Tim e-Pjok di sini akan memberikan 7 Langkah Cara Cerdas dan Cepat Mengerjakan Dapodik . Seperti apakah cara tersebut? 

Sebelum anda mengikuti cara yang akan kami sampaikan maka sebaiknya anda menyelesaikan instalasi dulu. Pastikan aplikasi Dapodik anda sudah paling terbaru sehingga bisa mengikuti tutorial 7 Langkah Cara Cerdas dan Cepat Mengerjakan Dapodik  dengan baik.

Setelah anda selesai instalasi maka Silakan disimak di bawah ini

1. Edit Isian di menu Sekolah
Pada Menu ini silakan anda selesaikan data-data vital sekolah anda (lihat gambar). Selanjutnya anda juga harus menyelesaikan menu sanitasi yag ada pada tab sekolah tersebut.

Menu sekolah


2. Edit Menu Sarpras
Cara Cepat yang  bisa anda lakukan adalah dengan melakukan salin ulang dari data periodik sarpras pada semester sebelumnya. Namun patut anda pertimbangkan baik-baik apakah benar tidak ada perubahan. Bilamana terdapat perubahan maka silakan perbaiki secara manual dengan mencari sarpras terkait.
Menu aksi salin data periodik sarpras
Pada gambar anda bisa lihat menu aksi yang mana bisa anda gunakan untuk menyalin data sarpras pada semester seblumnya.

3. Edit Data Peserta Didik
Pada menu ini silakan anda isikan data peserta didik (jika awal Tahun pelajaran). Namun bila masuk semester Genap, biasanya anda cukup mengisikan atau melakukan salin ulang data periodik agar data peserta didik valid. 

Salin data periodik peserta didik

Anda bisa gunakan menu aksi yang ada pada menu di atas (lihat gambar) kemudian salin data periodik peserta didik.

4. Edit Rombongan Belajar
menu rombel peserta didik biasanya akan kosong pada awalnya. Anda bisa melakukan cara cepat dengan menggunakan menu aksi Lanjutkan Semester. Sehingga data semester kemarin bisa dilanjutkan pada semester terkini.
Menu lanjutkan semester pada rombongan belajar

5. Edit Pembelajaran
Setelah anda selesai membuat rombongan belajar dengan cara menaikkan semester sebelumnya, maka anda selanjutnya bisa mengisi pembelajaran yang ada setiap rombel. Caranya tinggal anda klik menu pembelajaran kemudian isikan pembelajran mulai dari mata pelajaran, Nomor SK, tanggal SK, dan PTK yang menagmpu pada mata pelajaran tersebut.
Menu pembelajaran
Menu isian Pembelajaran yang wajib di isi


6. Edit Jadwal Pembelajaran
Langkah berikutnya setelah anda menginputkan pembelajaran semua rombel dengan benar, maka selanjutnya anda harus membuat jadwal per rombel juga. Anda bisa melihat jadwal yang telah disusun oleh seksi atau Wakil kepala sekolah bisang kurikulum untuk berikutnya anda inputkan pada Dapodik ini.
Edit jadwal pembelajaran

7. Sinkronisasi
Cara sinkronisasi terbaru yaitu hanya bisa dilakukan oleh Kepala sekolah. Jadi anda wajib log out dulu dari akun operator. Kemudian log in ulang menggunakan akun kepala sekolah berdasarkan user dan password yang telah anda buat untuk kepala sekolah. 
Sinkronisasi Dapodik

Terdapat tahapan-tahapan yang wajib dilalui ketika anda atau kepala sekolah akan melakukan sinkronisasi. Silakan ikuti secara cermat. Periksa satu demi satu ceklist yang ada kemudian anda baru bisa sinkron.

Dengan melakukannya sinkronisasi ini berarti anda telah selesai mengerjakan pengisian dapodik. Selanjutnya menanti untuk hasil sinkronisasi anda yang sementara proses ke erver pusat. Butuh waktu biasanya paling cepat 2 x 24 jam baru bisa kita lihat perubahan sesuai sinkronisasi terakhir anda.

Bagaimana cukup cepat dan mudah bukan dalam mengerjakan Dapodik? Mudah-mudahan 7 Langkah Cara Cerdas dan Cepat Mengerjakan Dapodik ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian para Operator sekolah. Selamat berjuang di data anda. 

Bilamana ada kendala terkait data dapodik maupun pengisian ini, silakan bisa tanyakan disini untuk kemudian kita cari solusinya bersama. terimakasih Salam satu Data.

0 Response to "7 Langkah Cara Cerdas dan Cepat Mengerjakan Dapodik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel