Terbaru Dapodik 2020b Perubahan alur proses sinkronisasi, yang berhak melakukan proses sinkronisasi adalah peran Kepala Sekolah

e-Pjok.Web.id ~ Terbaru Dapodik 2020b Perubahan alur proses sinkronisasi, yang berhak melakukan proses sinkronisasi adalah peran Kepala Sekolah. Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Itulah kata yang pas bia diungkapkan dengan kembali dirilisnya aplikasi dapodik terbaru tahun 2020 yaitu dapodik 2020b.

Padaversi terbaru ini, dapodik memiliki beberapa pembaharuan seperti berikut :

  1. [Pembaruan] Penambahan data pelengkap pada formulir sekolah terkait pemungutan iuran kepada orang tua siswa.
  2. [Pembaruan] Penambahan Lembar Konfirmasi sebelum melakukan sinkronisasi.
  3. [Pembaruan] Penambahan fitur tukar pengguna bagi peran Operator Sekolah.
  4. [Pembaruan] Penambahan logo baru Dapodik.
  5. [Pembaruan] Penambahan tombol salin email dari identitas GTK ketika melakukan penambahan/perubahan akun GTK.
  6. [Pembaruan] Penambahan referensi jenis sertifikasi Sertifikasi Industri.
  7. [Pembaruan] Penambahan referensi jenis diklat Pelatihan Industri.
  8. [Perbaikan] Perubahan alur proses sinkronisasi, yang berhak melakukan proses sinkronisasi adalah peran Kepala Sekolah.
  9. [Perbaikan] Perubahan alur bisnis proses penginputan buku.
  10. [Perbaikan] Perbaikan dan penambahan validasi lokal.
  11. [Perbaikan] Perubahan data nomor rekening BOS hanya dapat dilakukan pada laman https://bos.kemdikbud.go.id.
  12. [Perbaikan] Penambahan keterangan tutup atap TIDAK MEMILIKI ATAP pada kondisi bangunan.
  13. [Perbaikan] Perubahan atribut NUKS pada GTK menjadi Nomor Registrasi (STTPP)/NUKS.
  14. [Perbaikan] Penguncian attribut NIK pada formulir peserta didik dan formulir GTK.


Source : Dapodikdasmen

Terdapat beberapa hal yang sangat menarik yaitu seperti logo baru dapodik, dan perubahan alur sinkronisasi. 

Logo baru dapodik ini aakhirnya dipasang juga. Seperti yang kita ketahui bahwa Logo Dapodik terbaru ini merupakan hasil dari perlombaan yang dilaksanakan oleh kemdikbud. Wah, beruntung sekali yan? juaranya, gambarnya bakalan di pasang di Laptop para Operator seluruh Indonesia Lho.

Hal menarik berikutnya adalah alur sinkronisasi telah diubah yang mana semula operator bisa langsung sinkron menggunakan akunnya, namun kini skema diubah yang mana hanya akun kepala sekolah yang bisa melakukan sinkronisasi.

Perubahan skema ini secara tidak langsung bisa diartikan bahwa beban tanggung jawab operator sedikit berkurang. Memang sewajarnya sinkronisasi layak dilaksanakan oleh kepala sekolah sedndiri mengingat beberapa hal ataupun data yang sangat  penting menyangkut dengan instansi yang dipimpinnya.

Para kepala sekolah kini semakin memiliki ruang yang luas khususnya dalam sistem pendataan data pokok sekolah. Kepala sekolah bisa mengecek lebih detail mengenai kondisi sekolah yang ada.

Lebih lengkapnya silakan cermati gambar di bawah ini terkait sinkronisasi :
Menu Sinkronisasi terdapat pada akun Kepala Sekolah

Padaakun Operator tidak terdapat menu sinkronisasi
Dengan demikian, cara mengatasi tidak bisa sinkronisasi yang sering terjadi, solusinya adalah sangat mudah yaitu dengan tukar pengguna atau log in menggunakan akun kepala sekolah.

Cara instalasi dapodik 2020b ini tergolong cukup mudah yang mana bisa dilakukan pembaharuan melalui patch, ataupun secara online. Keduanya hasilnya sama tinggal sesuaikan dengan kondisi anda berada ya.

Link untuk mengunduh patch Dapodik 2020b bisa langsunga anda cek di web dapodikdasmen. Sedangkan cara pdate dengan cara online yaitu anda bisa melakukannya pada aplikasi dapodik anda di menu pengaturan, kemudian periksa pembaharuan.

Demikian informasi mengenai Terbaru Dapodik 2020b Perubahan alur proses sinkronisasi, yang berhak melakukan proses sinkronisasi adalah peran Kepala Sekolah Semoga bermanfaat. Salam Satu Data!

0 Response to "Terbaru Dapodik 2020b Perubahan alur proses sinkronisasi, yang berhak melakukan proses sinkronisasi adalah peran Kepala Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel