Tutorial Cara Belanja Barang/Jasa di SIPLah (BOS REGULER, AFIRMASI, dan KINERJA)

Table of Contents
Tutorial Cara Belanja Barang/Jasa di SIPLah (BOS REGULER, AFIRMASI, dan KINERJA) ~ Melalui Pereturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (PERMENDIKBUD) Nomor 3, lalu diubah nomor 18 dan nomor 35 Tahun 2019 disana tertera sangat jelas sekali mengenai bagaimana pengadaan barang/jasa yang bisa dilakukan melalui sistem digital yaitu SIPLah.
SIPLah

SIPLah adalah Sisitem Informasi Pengadaan Di Sekolah. Jadi kalau kita lihat pada jaman sekarang memang sudah jamannya serba online. Sehingga dengan sistem ini pun bisa dikatakan sebagai perkembangan zaman dimana Indonesia ini sekarang sudah disiapkan pada Industri 4.0.

Berikut akan dipaparkan mengenai tatacara/tutorial bagaimana caranya untuk belanja di SIPLah sesuai yang kita bahas di atas.

Bilaman anda sudah seringkali belanja online, tentunya sangat tidak akan mengalami kesulitan mengenai sistem informasi ini. 

Pointnya adalah log in, kemudian pilih barang yang akan di beli, lalu bayar, dan terakhir tunggu saja barang pesanan yang sudah anda bayar tadi akan datang.

Namun demikian berikut ini kami akan memberikan caranya secara detail melalui tutorial yang bisa anda simak di bawah ini ;

1. Siapkan PC/Laptop/tablet/Ponsel pintar anda untuk siap mengakses website (Pastikan sudah terkoneksi dengan internet.


2. Masuk ke website https://siplah.kemdikbud.go.id/

Berikut adalah tampilan website SIPLah oleh Kemdikbud ;
Website SIPLah.Kemdikbud.go.id

3. Pilih Mitra SIPLah sesuai dengan selera anda

Perlu anda ketahui bahwa hingga saat ini telah tersedia 6 mitra SIPLah yang bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini;
Mitra SIPLah (1)

Mitra SIPLah (2)

4. Masuk di Website mitra SIPLah

Keenam Website Mitra SIPLah tersebut antara lain ;

5. Klik SALAH SATU website di atas

Langkah berikutnya setelah masuk pada salah satu website di atas silakan masuk atau LOG IN yang mana biasanya hanya akun Kepala Sekolah ataupun Bendahara BOS Sekolah yang sudah di inputkan dalam dapodik sesuai dengan penugasan.

6. Setelah berhasil log in maka selanjutnya silakan mencari barang sesuai yang anda cari hingga selesaikan pada tahapan pembayaran.

Perlu kita ketahui bersama pula bahwa setiap mitra tentunya memiliki website masing-masing yang tentunya sangat berbeda modelnya. Anda bisa jelajah dulu satu persatu mengenai mitra tersebut untuk menemukan barang/jasa yang akan anda cari.
Demikian Tutorial Cara Belanja Barang/Jasa di SIPLah (BOS REGULER, AFIRMASI, dan KINERJA). Semoga dapat membantu anda khususnya Kepala Sekolah ataupun Bendahara BOS yang sedang bingung untuk berbelanja keperluan sekolah. 

Apabila ada hal-hal atau mungkin mengalami kendala silakan bisa ditanyakan di kolom komentar. terimakasih dan selamat berbelanja.

Post a Comment