Permainan Pemanasan Rumah Burung dan Kebakaran pada Pembelajaran PJOK

Permainan Pemanasan Rumah Burung dan Kebakaran pada Pembelajaran PJOK ~ Selamat pagi para civitas akademik khususnya lingkup bahasan PJOK. Lama sekali admin belum sempat merilis bentuk pemanasan dalam permainan pemanasan khususnya dalam materi PJOK. Kesempatan ini admin akan berikan sebua ulasan sangat menarik tentang permainan pemanasan yaitu Permainan Pemanasan Rumah Burung dan Kebakaran pada Pembelajaran PJOK. Silakan di simak dengan baik.
Ilustrasi : Para peserta didik sedang melakukan pemanasan dengan model permainan

Baca juga :Game Pemanasan PJOK Seru Sekali - Jala Ikan
Permainan BOM WaktuSusun Menara Pada Pmbelajaran PJOK

Permainan ini tergolong mudah, praktis dan ekonomis. Bagaimana tidak? permainan ini tidak membutuhkan peralatan tambahan untuk menjalakan game ini. Dengan kata lain permainan ini cukup membutuhkan area lapangn yang luasnya terganung dari peserta didik kita. Semakin banyak peserta didik kita maka lapangan yang dibutuhkan akan semakin luas.

Baik kita langsung saja mulai bagaimana cara bermainnya. Permainan ini dimulai dengan membagi anak didik kita menjadi tiga kelompok. Usahakan jumlah setiap kelomok adalah sama. Kemudian setelah kelompok terbentuk arahkan mereka yaitu kelompok 1 dan kelompok 2 berdiri dengan tangan saling berpegangan di depan, posisi tangan lurus (menyerupai rumah). Sedangkan kelompok 3 posisi jongkok di antara teman yang membentuk rumah tadi. Kelompok 3 ini bertindak sebagai burung.

Setelah semuanya berposisi dengan rapi maka tugas Guru selanjunya adalah memberikan instruksi. Ada 3 instruksi yang akan di berikan. Sementara pesera didik bersiap-siap bereaksi sesuai dengan instruksi yang di berikan oleh guru tersebut.

Instruksi pertama yaitu "Burung". Bilamana instruksi ini di berikan maka peserta didik yang menjadi burung harus segera mungkin berlari berpindah tempat atau rumah yang dihinggapi. Semakin cepat reaksi maka akan semakin cepat mendapatkan rumah baru.

Instruksi kedua yaitu " Rumah". Jika Guru memberikan instruksi ini maka peseta didik yang berposisi sebagai rumah harus segera membubarkan diri dan membat rumah baru dengan pasangan baru. Peserta didik yang menjadi burung tetap di tempat. Karena digunakan rumah baru untuk mencari posisi.

Instruksi yang terakhir adalah "kebakaran". Bilamana guru memberikan insruksi ini maka peserta didik yang menjadi rumah dan burung bubar dan bebas membuat atau memilih posisi lain. Dari rumah menjadi burung, atau sebaliknya tergantung kondisi peserta didik yang ada pada saat itu.

Guru dapat menyelipkan seni dalam memberikan instruksi. Selang seling antara jenis-jenis instruksi tersebut agar permainan tidak monoton. 


Permainan dapat dimodifikasi agar lebih menarik lagi dengan beberapa kreasi atau inovasi. Contohnya adalah mengganti nama permainan yaitu bukan Rumah Burung dan Kebakaran. Misal diganti Kandang Sapi dan Gempa Bumi, Garasi Mobil dan Polisi, dan lain sebagainya.

Demikian sekilas tentang Permainan Pemanasan Rumah Burung dan Kebakaran pada Pembelajaran PJOK. Mudah-mudahan bermanfaat. Bilamana ada kritik dan saran bisa dimuat pada kolom komentar. Salam PJOK!

0 Response to "Permainan Pemanasan Rumah Burung dan Kebakaran pada Pembelajaran PJOK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel