Ini dia Keistimewaan Kurikulum 2013 pada Materi PJOK disandingkan dengan Kurikulum 2006 (KTSP 2006) - Guru PJOK Wajib Paham Ini

Ini dia Keistimewaan Kurikulum 2013 pada Materi PJOK disandingkan dengan Kurikulum 2006 (KTSP 2006) - Guru PJOK Wajib Paham Ini ~ Seiring dengan perkembangan jaman perubahan kurikulum merupakan sebuah hal yang wajar dn bisa dimaklumi secara seksama. Kenapa Kurikulum  selalu berubah? Jawabnya ada pada keseharian apa yang kita hadapi dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah.

Teknologi terus berkembang. Peradaban ilmu juga semakin maju. Pola pikir masyarakat juga semakin maju. Masyarakat semain kritis dengan apa yang terjadi di sekitar mereka. Tak kalah penting lagi bahwasannya tantangan masa depan semakin mendorong civitas akademik untuk meramu model kurikulum yang dilaksanakan di sekoah demi menjawab tantangan masa depan tersebut.

Sebagai guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tentunya harus seepat mungkin bisa menguasai dan meenyesuaikan tantangan jaman tersebut. Kalau dipikir secara mendalam sebenarnya perubahan tidaklah sulit. Kembali pada diri kita masing-masing apakah mau dengan senag hati, dengan terbuka menerima ilmu baru tersebut.
Ilustrasi : Guru PJOK sedang menarapkan pembelajaran dengan kurikulum 2013

Secara kualitas tentu kurikulum terbaru pasti lebih bagus bila dibandingkan dengan krikulum-kurikulum sebelumnya. Hal itu bisa terjadi karena kurikulum terbaru memuat kecakapan-keecakapan hidup, karakter, serta menjawabi tantang yang ada pada era jaman terkini. Biasa disebut Jaman now. Jadi sangatlah tidak patut tatkala terdapat seorang civitas akademik menilai kurikulum 2013 ini kurang bagus, kurang layak, ribet, menyusahkan, dan lain sebagainya. Singkirkan pandangan negatif tersebut dan mari dimulai dengan pikiran yang terbuka dan siap menerima perubahan demi perkembangan ke arah yang lebih baik,

Berikut merupakan beberapa point penting terkait apa keistimewaan kurikulum 2013 yang sedang viral di kalangan dunia pendidikan. Khususnya lingkup tenaga pendidik.

1. Pembelajaran dengan Scientific 

Pendekatan scientific atau saintifik merupakan sebuah pendekaan dalam meramu sistem pembelajaran secara runtut dan ilmiah. Mulai dari Mengamati, Menanya, Mengekplorasi, Mengasosiasi, dan diakhiri dengan Mengkomunikasikan. Pendekatan ini sekaligu merubah pola pikir masyarakat secara luas bahwasannya materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) tidak serta merta Bermain bola, lari-lari, Jalan-jalan, ataupun bahkan perlombaan. Tapi patut di garisbawahi sekali lagi bahwa model pendekatan ini bukan satu-satunya model pendekatan dalam pembelajaran. Scientific sendiri populer ketika awal-awal perubahan kurikulum 2013.

Baca Juga :

2. Durasi Kegiatan Belajar Mengajar PJOK yang Semakin Lama.

Seperti kita ketahui bersama bahwasannya materi Pendidikan Jasmani oahraga dan Kesehatan ini durasinya semakin lama. Kalau pada jenjang SD memang tidak begitu terasa. Hal ini bisa kia rasakan ketika masuk jenjang SMP, dan SMA/SMK dimana semual mendapat alokasi 2 x JP (Jam Pelajaran), Kini Menjadi 3 JP. Dengan demikin pembelajaran PJOK semakin efisien dan terarah secara baik. Byangkan saja kalau pada jenjang menengah atas. 3 x 45 menit, Berarti 135 Menit. 2 Jam lebih 15 menit. Sangat bagus dan mengena untuk KBM PJOK. Namun perlu diingat bahwasannya Jam Pelajaran PJOK mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK tidak boleh terpisah-pisah. Tidak boleh 2 jam PJOK kemudian di hari lain dilanjutkan lagi 1 JP. Kenapa ? karena tidak sesuai dengan Sasaran pendekatan yang di geluti. Dengan kata lain pendekatan saintifik tidak bisa mengena.

3. Tugas Baru Guru PJOK tentang Input Penjelasan KD (Kompetensi dasar)

Nilai pada laporan belajar peserta didik seperti kita ketahui bersama bahwa terdepat kolom yang memuat penjelasan kompetensi dasar. Jadi tidak sebatas tulisan angka saja. Penjelasan Kompetensi Dasar ini sendiri juga setiap peserta didik bisa berbeda tergantung dari masing-masing capaian para peserta didik tersebut. Karena Tidak semua peserta didik memiliki keunggulan pada Kompetensi Dasar tertentu. Sebagai contoh peserta didik A untuk KD tentang permainan Bola besar sangat bagus, namun dia lemah pada KD Senam, sedangkan si B sebaliknya. Jadi kita guru harus siap mengetahui secara detail capaian anak didik kita.

4. Perubahan dari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sudah dimuat secara Jelas pada Permendikbud. Tnggal kita pelajari seksama. Kita simak karena Kompetensi tersebut tentunya sangatlah berbeda dengan kompetesi sebelumnya. Khususnya Kompetensi Dasar.

5. Terdapat 4 muatan Kompetensi 

Empat kompetensi tersebut yaitu Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Dengan demikian Jelas bahwa mata peljaran PJOK terkini harus memuat 4 kompetensi terebut. Rubah pola pikir kita bahwasannya PJOK itu yang menjadi objek sasaran aalah keterampilan saja. Mlainkan ada pengetahuan, Sikap spiritual dan sosial.

6. Prosedur eksekusi Dari 4 Kompetensi tersebut (point 6) ke dalam laporan belajar.

Terkait Kompetensi sikap baik sosial maupun spiritual sebenarnya sudah ada bagiannya sendiri yaitu para guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) denga koordinasi masing-masing wali kelas. Namun Guru PJOK bisa memberikan masukan, saran berdasarkan jurnal atau catatan khusus mengenai perilaku baik sosial maupun spiritual peserta didik saat melaksanakan KBM materi PJOK.

7. Penggunaan Media Belajar yang Kreatif

Kurikulum 2013 ini menuntut pembelajaran agar runtut sistematis sehingga saintifiknya mengena. Sebagai guru PJOK harus siap menyiapkan media pembelajaran maupun alat peraga dalam melaksanakan proses KBM. Misal ketika tahapan mengamati kita harus menyiapkan media yang bisa diamati siswa. Misal kita siapkan gambar yang kita print out untuk dibagikan untuk peserta didik.


Ulasan ini mudah-mudahan dapat membantu rekan-rekan khususnya civitas akademik bidang PJOK dalam mempelajari Kurikulum 2013. Sekilas yang bisa admin sampaikan. Selamat berbahagia dengan Kurikulum 2013 yang tentunya Istimewa di tempat anda masing-masing. Salam PJOK. (Admin)


0 Response to "Ini dia Keistimewaan Kurikulum 2013 pada Materi PJOK disandingkan dengan Kurikulum 2006 (KTSP 2006) - Guru PJOK Wajib Paham Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel