Bagaimana Mengatasi Peserta Didik yang Malas Gerak Pada Jam Pelajaran PJOK

Bagaimana Mengatasi Peserta Didik yang Malas Gerak Pada Jam Pelajaran PJOK ~ Peserta didik tentunya memiliki beraneka ragam karakteristik. Entah itu pada jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Maupun pada Tingkat Menangah Atas. Sehubungan dengan tema kita pada blog ini yaitu adalah materi PJOK yang mana peserta didik diharapkan dapat melakukan aktivitas fisik. Dalam Praktiknya tentunya kita akan menjumapi para peserta didik kita akan merasa malas atau enggan untuk bergerak. Hal-hal yang dapat memicu kemalasan tersebut beraneka ragam seperti tidak suka dengan pelajaran, tidak suka dengan materi yang diajarkan, bahkan terkadang didapati juga anak didik malas bergerak dikarenakan tidak cocok dengan gurunya. Wah, bagaimana ya kalau seperti itu? Oke pada kesempatan ini akan coba saya paparkan beberapa Langkah yang harus kita lakukan untuk mengatasi maslah tersebut.
Gambar : Kegiatan Pembelajaran PJOK

1. Ambil Perhatian dari Peserta Didik

Ketika kita masuk ke dalam kelas, tentu kita dapati anak-anak sedang asyik dengan dunia masing-masing. Ada yang duduk ngobrol dengan teman sebngku, ada yang lari-larian di belakang, bahkan ada yang hanya duduk sendiri melamun. Nah, dari ini kita coba berusaha ambil perhatian mereka dulu. Usahakan anak didik kita semuanya bisa fokus kepada kita. Memang cara ini agak sulit tapi harus kita usahakan.

2. Ajak Peserta didik berdiskusi Tentang Hal-Hal terkini atau yang sedang disukai

Langkah berikutnya yaitu coba kita ajak anak didik kita untuk berinteraksi tentang hal-hal yang mereka sukai. Apapun itu, tetapi perlu diingat bahwasannya ada kaitannya dengan materi yang akan kita ajarkan. Nah, giring mereka perlahan-lahan dan secara tidak langsung nanti mereka akan masuk ke dalam materi. Disini memang kita harus selalu mengupdate diri agar kita tahu, kita paham apa yang sedang di gemari anak-anak saat ini.

3. Carikan Game yang seru yang dapat mengarah kepada materi 

Mengajar secara konvensional era sekarang ini sudah tidak akan mempan bagi anak didik jaman sekarang. Maka dari itu perlu sebuah kreatifitas dalam menciptakan beberama game atau permainan yang tentunya dapat menggiring anak-anak kita ke dalam materi. Usahakanlah game tersebut di integrasikan dengan sistem kompetisi atau perlombaan. karena dengan perlombaan tersebut anak didik kita akan lebih terobsesi dan lebih bersemangat untuk menunjukan dirinya siapakah dari mereka yang terbaik.

4. Penanganan Khusus itu Penting

Dari rombel yang kita hadapi pastinya akan ada salah satu atau bahkan lebih anak didik yang membutuhkan perlakuan khusus. Perlakuan khusus ini berbagai hal. Dapat berupa fisik, serta dapat berupa mental. Dekati anak itu, berikan motivasi-motivasi sehingga anak tersebut akan terdorong dengan sendirinya. Ingat jangan ada kata-kata atau hal yang sifatnya memaksa karena nanti akan merusak mood dari anak didik itu.

Saya rasa 4 langkah diatas sudah sangat membantu bila mana kita bisa menjalankan dengan baik. Bagaimana? menarik bukan kalau menghadapi anak didik yang demikian. Tenang saja. Jurus-jurusnya sudah saya bagikan di atas. Selamat mencoba, dan janagn lupa berikan tambahan/respon berupa testimoni bila mana anda telah selesai melaksanakannya. Salam PJOK.

0 Response to "Bagaimana Mengatasi Peserta Didik yang Malas Gerak Pada Jam Pelajaran PJOK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel