Macam-Macam Peluit Beserta Kegunaannya - Guru PJOK Wajib Tahu ini

Macam-Macam Peluit Beserta Kegunaannya - Guru PJOK wajib Tahu Ini ~ Priiiiit, suara peluit begitu memekakkan telinga. Kira-kira kenapa kok bisa ya? Nah redaksi hari ini akan mengupas tuntas tentang peluit secara lebih mendalam.

Berbicara tentang peluit memang sangat tidak asing lagi bagi para Guru PJOK di seluruh dunia ini. Faktanya para Guru PJOK pasti akan menggunakan beberapa jenis peluit yang berbeda-beda. Beda baik dari segi kegunannya maupun segi kelasnya.

Baiklah mari kita sinak sama-sama jenis-jenis peluit beserta kegunannya ;

1. Fox 40 Classic

Peluit ini bisa dikatakan peluit sejuta umat, karena disamping bentuknya mini, praktis, suara juga sudah lumayan oke. Peluit ini dikatakan peluit sejuta umat karena banyak para guru PJOK yang memakainya.


2. Fox 40 CMG

Kalau yang ini hampir sama dengan peluit sebelumnya yaitu Fox 40 Classic. Hanya disini lebih diperbaharui bentuknya. Khususnya pada bagian tiupan terdapat karet pelindungnya. Untuk suara masih sama dengan Fox 40 Classic.

3. Fox Sharken

Dilihat dari namanya sudah bisa kita taksirkan bersama. Sharken yaitu hiu. Peluit ini bentuknya lebih gemuk. Lebih cembung. Seperti ikan hiu. Dilihat dari suaranya jenis peluit ini lebih keras dibanding fox 40.

4.Fox 80 CMG Sonic Blast

Peluit ini bentuknya tengah-tengah dari sharken dan fox 40. Desain yang sederhana disertai karet pelindung di bagian tiupan. Keunggulan peluit ini adalah frekuensinya yang tinggi. Bisa dikatakan peluit ini lebih keras dari peluit sebelumnya. Serta lebih menjangkau sampai jauh dan lebih memekakkan telinga. Peluit ini tergolong laris. Peluit dengan harga menengah kualitas maksimal. Membuat para guru PJOK terpesona. Apalagi kalau dalam kelasnya jumlah peserta didiknya gemuk. Sangat pas ini untuk memberi aba-aba dan menarik perhatian anak didik.

Baca Juga :

5.Dolfin

Edisi Dolfin terdapat macam-macam jenis. Ada Dolfin F, Dolfin B, dll. Dilihat dari segi suara relatif sama dengan Fox 80 sonic blast. Desain peluit ini sangat unik. Menyerupai ikan lumba-lumba (dolfin). 


6. Molten Lengkung

Peluit kali ini bentuknya aneh dan lain dari yang lain. Menyerupai sebuah kayu bengkok. Namun suaranya sangat khas dan tampil paling beda. Peluit ini sangat khas khususnya pada permainan bola voli yaitu pada wasit kedua.


7. Piadio

Peluit Frekuensi tinggi dan multi fungsi. Desain yang menyerupai dolfin namun lebih keren dan unik. Peluit serbaguna dilihat dari para pelatih, wasit cabang sepakbola, voli, dan basket

8. Valkeen

Tipe peluit yang ini termasuk dalam tipe peluit golongan mewah. Dilihat dari segi harga memang lebih menguras saku lho. Namun dengan harga yang ada tersebut sebanding dengan kualitasnya. Suara kuat, frekuensi tinggi, dan desain mewah. Banyak par wasit Sepak bila juga yang memakai ini.

9. Peluit Parkir

Pastinya tidak asing lagi dengan peluit ini. Desain sederhana dengan bantuan sebuah biji di bagian penampung suara untuk menggetarkan suara.


10. Peluit pramuka

Desain sama dengan pekuit parkir. Lebih sederhana dan lebih praktis serta ekonomis.

10 jenis peluit tersebut memiliki peran dan kegunaan masing-masing. Peluit urutan 1 sampai dengan 8 merupakan peluit yang berkelas dan banyak sekali digunakan para guru PJOK dalam Pembelajaran di sekolah.

Demikian uraian terkait dengan peluit. Mudah-mudahan bermanfaat dan tak salah pilih peluit yang pas sesuai kebutuhan kita. Ditunggu komennnya fi kolom komentar dibawah. Salam PJOK.

1 Response to "Macam-Macam Peluit Beserta Kegunaannya - Guru PJOK Wajib Tahu ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel