Bagaimana Ice Breaking Bisa Berhasil sebelum Masuk Materi Pembelajaran PJOK?

Bagaimana Ice Breaking Bisa Berhasil sebelum Masuk Materi Pembelajaran PJOK? ~ Menjadi Guru PJOK merupakan seni tersendiri bagi kita semuanya. Betul tidak? Karena mata pelajaran satu ini lain-dari yang lain. sangat berbeda dengan pelajaran-pelajaran lain. Yang mana pelajaran PJOK ini lebih diprioritaskan pada aktivitas fisik. Yaitu Gerak, gerak, dan gerak.

Sebelum masuk kepada materi pembelajaran beberapa guru PJOK yang saya dapati dan saya ajak diskusi ternyata mengalami kendala dalam kaitannya mengambil perhatian peserta didik. Nah, disini pas saya juga akan membagikan tips-tips yang pastinya akan lebih banyak berhasilnya dari pada tidaknya berkaitan dengan ice breaking. 

Sebelumnya kita harus pahami dulu apa itu ice breaking? Jangan sampai disini nanti panjang lebar, eh ternyata ice breaking itu apa. Ice itu artinya adalah es, sedangkan breaking artinya adalah sedang beristirahat. Jadi kalau diterjemahkan itu apa? Beristirahat sambil minum es? Begitu kah? Ya, secara umum memang begitu. Jadi Perlu kita ketahui pula bahwa peserta didik di sekolah itu tidak hanya balajar materi PJOK saja. Melainkan masih banyak mater-materi lain yang tentunya mereka dituntut harus menguasai. 

Langsung saja berikut ini adalah Tips-tips Ice breaking yang bisa anda praktekan di tempat tugas anda masing-masing. 

1. Bersifat Menggembirakan

Gambar : Ice breaking yang menyenangkan

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan akan berhasil bila mana anak kita setelah kita ajar akan merasa gembira. Betul tidak? Bila mana kita menjumpai anak didik kita setelah kita ajar kok sedih atau lesu maka kita patut koreksi diri. Maka dari itu kita harus cari ice breaking yang sifatnya menggembirakan.

2. Melibatkan Keseluruhan dari Peserta Didik

Keterlibatan peserta didik patut kita pertimbangkan. Ice breaking akan berhasil bila mana diikuti oleh seluruh peserta didik kita. dan tentu amatlah seru bila mana anak didik kita terlibat semua di dalamnya. Maka dari itu pilihlah ice breaking yang melibatkan peserta didik secara keseluruhan. Contoh : Tari Pinguin, senam gemu fa mi re, membaca warna, dan masih banyak lagi lainnya. dan satu lagi hal pada langkah ini harus di sesuaikan dengan materinya. Jangan sampai materinya sepak bola tapi ice breakingnya tari pinguin. Tidak sinkron kan? Walaupun kedua-duanya adalah komponen PJOK.

3. Dikemas dalam Bentuk Kompetisi

Beberapa ice breaking dapat kita kembangkan dalam bentuk kompetisi atau perlombaan. Sehingga memberikan rasa tersendiri bagi peserta didik . Tidak lupa pula berikan reward kecil-kecilan bagi yang berhsil menjuarai. Misal dalam ice breaking menebak gambar. Siapa yang berhasil menebak paling cepat maka kita beri hadiah permen (sangat cocok untuk anak Sekolah Dasar). Tinggal kita sesuaikan saja dengan kondisi yang kita hadapi. 

4. Kombinasikan Beberapa Fungsi Panca Indera

Agar suasana lebih seru dan ramai, maka perlu adanya suara. Namun pembelajaran PJOK itu sasarannya adalah bukan suara, sehingga kita bisa kombinasikan dengan beberapa fungsi panca indera. Lumayan banyak juga jenis ice breaking yang seperti ini. Seperti permainan Benar Salah. Permainan ini melibatkan indera penglihatan, pendengaran serta harus bergerak sesuai dengan kode yang diberikan oleh sang pemandu dalam hal ini adalah guru PJOK.

Perlu diingat bahwasannya beberapa tips diatas tidak bisa kita telan mentah-mentah. Namun perlu kita sesuaikan dengan kondisi, serta materi yang ada. Initinya adalah jangan berhenti berkreatifitas. Terus berkarya, terus temukan formula yang pas sesuai dengan poin-poin di atas. Selamat mencoba dan Salam PJOK. (Sehat, Bugar, dan Cerdas)

0 Response to "Bagaimana Ice Breaking Bisa Berhasil sebelum Masuk Materi Pembelajaran PJOK?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel