4 Teknik Agar Mengajar PJOK Menjadi Menyenangkan dan Menarik Perhatian Peserta Didik

4 Teknik Bagaimana Agar Mengajar PJOK Menjadi Menyenangkan dan Menarik Perhatian Peserta Didik ~ Selamat Siang Bapak/Ibu Guru PJOK dimanapun anda berada. Pada postingan pertama kalinya ini admin akan memberikan beberpa tips menarik  agar pada saat mengajar PJOK menjadi menyenangkan dan menarik perhatian peserta didik. Sebelum saya bahas lebih dalam terkait tips tersebut, perlu kita ketahui bersama bahwa untuk menjadi seorang guru PJOK memang membutuhkan sebuah kreatifitas, ketekunan, dan daya mental juang yang tinggi. Apalagi akhir-akhir ini perkembangan teknologi yang cukup pesat dan anak didik kita sudah mulai menguasainya. Jadi kita sebagai Guru PJOK era sekarang ini harus sebisa mungkin mengupdate ilmu pribadi kita agar dapat menyesuaikan, dan bahkan mengimbangi anak didik kita. Baik, langsung saja mari kita simak beberapa teknik, serta tips agar kita dalam mengajar peserta didik dapat efektif, menyenangkan, dan menarik perhatian para peserta didik. Siapkan mental pribadi & kuasai materi semaksimal mungkin.

1. Siapkan mental dan Kuasai materi semaksimal mungkin

Sebelum kita tampil di hadapan peserta didik perlu kita siapkan dulu mental kita. Jangan sampai pikiran kita belum siap dan tidak fokus. Awali dengan niat untuk mendidik peserta didik. Tidak usah menargetkan suatu capaian kepada peserta didik yang terlalu tinggi. carilah terget yang sederhana saja. Ingat, PJOK yang kita cari bukanlah prestasi melainkan bagaimana cara kita agar peserta didik mau bergerak. Dalam bahasa jawa "pokoke gerak". Selin itu, materi harus benar-bnar kita kuasai. Bilamana kita telah memahami materi secara spenuhnya, saya akan jamin kita tidak akan ada rasa grogi maupun canggung untuk menyampaikan ilmu yang akan kita ajarkan.

2. Pahami karakteristik peserta didik  yang akan dihadapi

Setiap peserta didik memiliki karakter tersendiri. Sebagai pendidik khususnya guru PJOK kita harus lebih memahami karakter para peserta didik kita. Ada karakter peserta didik yang sifatnya suka bercanda, tidak terlalu serius, ada peserta didik yang lebih suka diajarkan sebuah permainan/game olahraga, ada peserta didik yang malas biladiajarkan materi dengan topik lari, dan masih banyak lagi beberapa karakteristik peserta didik yang tentunya setiap hari kita hadapi. Nah, kita harus secerdas mungkin mampu mengemas kelas yang kita ampu sesuai dengan karakteristik mereka. Sekarang bagaimanakah cara mengetahui karakteristik peserta didik kita? Jawabannya adala tentunya dengan sering-sering megamati kegiatan mereka serta sering berbaur dengan peserta didik kita. Atau minimalnya kita kenal dan hafal nma-nama anak didik kita.

Baca Juga :

Bagaimana Ice Breaking Bisa Berhasil sebelum Masuk Materi Pembelajaran PJOK?


3. Upgrade diri sekreatif mungkin agar dapat menyesuaikan dengan dunia peserta didik

Peserta didik era sekarang ini perlu kita ketahui bahwa mereka sangatlah berbeda dengan jaman kita terlebih dahulu. Berbagai hal, media, serta lingkungan memaksamereka untuk mengalami suatu perubahan yang signifikan. Contoh nyatanya adalah anak jaman sekarang sudah jarang sekali ditemui yang masih suka dengan permainan tradisional seperti egrang, betengan, dan petak umpet. Akan lebih sering bila kita jumpai mereka sedang asyik dengan gadgetmya, nongkrong di warnet, game online, serta perkumpulan organisasi di luar dunia sekolah. Maka dari itu kita sebagi pendidik khususnya guru PJOK harus bisa memahami secara detail sesuai dengan substansi tingkat kerutinan aktivitas keseharian anak didik kita. Kemudian dari segal informasi yang kita peroleh, barulah nantinya kita dapat mengaplikasikannya pada pembelajaran yang nyata pada saat proses KBM PJOK.

4. Pandailah membuat joke-joke ringan agar suasana cair

Guru PJOK harus pandai untuk mencairkan suasana. Baik itu berupa sebuah joke-joke kecil. Cerita lucu, kisah hidup yang menggelikan, ataupun yang lainnya. Karena dengan hal yang mencairkan tersebut akan selalu membuat peserta didik kita menjadi senang, nyaman, dan tentunya akan selalu fokus pada apa yang sedang kita tampilkan di hadapan mereka. Guru PJOK juga identik dengan disiplin yang tinggi. Tak heran pula bila banyak sekali guru PJOK yang sering-sering bersikap tegas di lapangan kepada peserta didiknya. Nah, kunci keberhasilan agar kita pada saat mendisiplinkan siswa tersebut tidak memunculkan sebuah perasaan benci, sebal, taau bahkan dendam dari peserta didik kepada kita adalah pada saat kita mendisiplinkan jangan menggunakan amarah yang besar, sambil marah-marah tidak terkontrol. Tapi kita tertibkan mereka dengan sedikit bercandaan. Bisa dengan senyum sambil proses membenarkan, ataupun bercanda ria dengan peserta didik. Intinya kita jangan sampai melukai jiwa peserta didik kita.
Gambar : Ilustrasi Proses KBM PJOK yang menyenangkan para peserta didik

Nah, demikianlah 4 tips yang bisa kita implementasikan pada saat proses KBM. 4 hal tersebut bila dijalankan dengan penuh dan tulus maka dapat dipastikan proses KBM yang dijalankan akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tidak usah takut untuk mencoba hal baru. Ingat, guru yang kreatif adalah guru yang berani melakukan hal-hal yang baru yang belum pernah dilakukan. Tidak usah terlalu lama memikir. Lebih baik segera lakukan dan setelah selesai pikirkan, renungkan. Mudah-mudahan beberpaa tips ini dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru PJOK di manapun anda berada. Sampai jumpa pada kajian, tips, dan trik berikutnya. Salam PJOK. Sehat, Bugar, dan Cerdas.

0 Response to "4 Teknik Agar Mengajar PJOK Menjadi Menyenangkan dan Menarik Perhatian Peserta Didik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel