5 Tips Bagaimana Cara Mengajar PJOK Yang Menarik Bagi Anak SD (Sekolah Dasar)


5 Tips Bagaimana Cara Mengajar PJOK Yang Menarik Bagi Anak SD (Sekolah Dasar) ~ Sahabat Guru PJOK dimanapun anda berapa, terimakasih telah mampir kedalam situs ini. Sungguh sangat lama sekali admin belum sempat memberikan tips-tips jitu serta menarik dalam kaitannya mengajar mata pelajaran PJOK. Akhir-akhir ini memang admin sanagt disibukan dengan beberapa agenda yang sangat menguras pikiran, waktu, dan tenaga. Oleh sebab itu mohon di maklumi bersama. 

Topik kali ini yang akan saya bahas adalah tentang bagaimana strategi, tips, serta hal-hal yang perlu diperhatikan agar kita ketika mengajar anak SD dapat berjalan dengan baik serta efisien. Baik langsung simak saja uraian di bawah ini. 

Pembelajaran PJOK Anak Sekolah Dasar

1. Kenali Seluruh Peserta Didik

Bekal utama yang harus kita miliki tidak lain dan tidak bukan adalah kita harus mengenali seluruh peserta didik kita. Minimal kita tahu siapa nama anak tersebut. Bila kita sudah tahu nama anak tersebut tentunya kita akan mudah dalam mengidentifikasi, memberi prlakuan pada saat memberi materi pada proses kegiatan belajar mengajar yang sedang berjalan. Cara yang pertama ini cukup sulit bila mana dalam satu rombel terdiri dari 30 s.d 40 anak. Hal ini akan lumayan merepotkan Guru dalam menghafal nama-nama anak didik kita

2. Siap Masuk ke Dunia Anak

Ilustrasi anak SD yang sangat senang dengan bermain

Cara yang kedua yaitu kita harus bisa masuk ke dalam dunia mereka. Dunia yang bagaimanakah? Tentunya dunia yang masih bersifat kekanak-kanakan (Anak SD). Dunia anak disini sangatlah identik dengan dunia bermain. Jadi kita harus siap untuk bermain dengan mereka. Sebagai guru PJOK yang bijak maka kita harus pandai-pandai untuk mengintegrasikan materi pelajaran kita dengan beberapa permainan yang sekiranya bisa di kombinasikan dengan proporsional. 

3. Respon Cepat

Anak usia SD pastinya akan sering kita dapati anak-anak yang suka mengadu meskipun menurut kita itu adalah hal Sepele. Bila kita tidak sesegera mungkin merespon anak didik kita maka anak didik kita akan menilai kita sebagai guru yang tidak asyik. Dari itu kita harus pandai-pandai serta selalu siap dan waspada bila mana  ada anak didik kita yang membutuhkan kita ataupun memanggil kita.

4. Berlaku Adil Kepada peserta Didik

Berlaku adil disini adalah memberikan perlakuan yang sama rata kepada seluruh peserta didik. Anak SD ini memiliki sifat yang sangat sensitif. Apalagi siswa siswi kelas 1 dan Kelas 2 SD. Mereka masih dalam tahapan untuk berlakubijak kepada sesama. Jadi bila kita memberikan perlakuan yang kurang adil bagi mereka maka mereka akan merasa sangat kurang diperhatikan, dan hasilnya adalah anak didik tersebut menjadi malas untuk mengikuti arahan guru.Intinya adalah jauhi hal-hal yang akan mengarahkan anak didik kita kepada sifat iri kepada sesamanya.

5. Penghargaan itu sangat penting

Anak didik akan sangat senang sekali bila mendapatkan penghargaan dari gurunya. Jadi kita sebagai guru PJOK, misal ada anak didik yang melaksanakan aktivitas pembelajaran tapi menurut kita kurang bagus., berikanlah penghargaan kepada mereka. Minimal dengan ucapan-ucapan yang dapat lebih memotivasi mereka. Contoh, "Sangat bagus nak, gerakan larimu sekarang semakin cepat saja ya?". Sekecil apapun bentuk penghargaan kita peda anak didik kita pasti akan menambah semangat mereka dalam mengikuti pembelajaran.

5 Cara diatas meruapakan cara sederhana, praktis, dan tidak membutuhkan biaya kan? Maka dari itu Silakan di coba beberapa tips diatas. Semoga bermanfaat. Bila mana ada tambahan maupun kritik sangatlah bagus sekali dan admin akan sangat terbuka kepada semuanya. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

0 Response to "5 Tips Bagaimana Cara Mengajar PJOK Yang Menarik Bagi Anak SD (Sekolah Dasar)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel