Mengajar Menulis dan Membaca Peserta Didik yang Susah Sekali? Coba Cara Ini Pasti Berhasil

Mengajar Menulis dan Membaca Peserta Didik yang Susah Sekali? Coba Cara Ini Pasti Berhasil ~ Proses Kegiatan Belajar dan Mengajar di sekolah identik dengan sebuah usaha untuk memproses seseorang dari semula tidak tahu menjadi tahu. dari semula tidak bisa menjadi bisa. Dari semula susah menjadi sulit. Betul bukan?
Mengajar membaca dan menulis dengan mudah

Nah kini coba kita lihat atau kita fokuskan  pada peserta didik jenjang sekolah dasar. Kita ambil saja kelas bawah yaitu kelas 1,2, dan 3. Peserta didik pada kelas ini secara umum akan diuji kemampuannya dari bagaimana mereka menulis hingga membaca. 

Kemampuan peserta didik di Negeri kita ini baru-baru dihebohkan dengan sebuah riset yang meneliti tentang membaca, Sains, dan Matematika. Apakah anda tahu di tahun ini Indonesia masuk di peringkat berapa? Yup, betul sekali Indonesia masuk urutan 10 besar dari bawah tepatnya peringkat 74 dari 79 Negara.

Hasil capaian ini merupakan sebuah cambukan besar khususnya bagi seluruh civitas akademik di manapun berada. Hingga pak Menteri pun pasti akan berpikir mendalam untuk menindaklanjuti hasil riset PISA ini.

Kemampuan membaca peserta didik di Indonesia kalau dilihat dari hasil riset di atas ini menunjukan sebuah realita bahwa mutu membaca peserta didik masih kurang. Bila kita telusuri di kelas bawah pasti akan masih menjumpai beberapa peserta didik yang belum mampu membaca. Atau mungkin membaca saja bisa namun tidak bisa memahami maknanaya.

Kali ini saya akan berbagi mengenai informasi tentang bagaiamana caranya mengajar peserta didik yang sangat susah sekali untuk diajar membaca dan menulis. Seperti apa caranya? Mari kita seimak tata caranya berikut ini ;

Pertama

Cari benda yang berjumlah satu. Misal biji jagung, pensil, bolpoin, atau apa saja intinya jumlahnya adalah satu.

Kedua

Ajar bahwa jumlah benda tersebut adalah SATU. lalu tuliskan angka 1 di bawahnya. Diikuti peserta didik untuk turut serta menulis angka tersebut.

Ketiga 

Tuliskan huruf SATU ke bawah ya. mulai dari huruf S, kemudian a, kemudian t, dan diakhiri u. j=Ajarkan itu hingga peserta didik benar-benar mengerti.

Keempat

Bilamana peserta didik telah berhasil di tahapan di atas maka langkah berikutnya adalah menuliskan UTAS. huruf satu tinggal di balik saja ya gan untuk mengetahui apakah peserta didik sudah benar-benar mengetahui konsep cara memahami huruf dan membaca.

Bilamana itu berhasil lanjut ke angka 2. Dilanjutkan dengan latihan penulisan hurufnya di bawah seperti angka 1 tadi.

Bagaimana cukup mudah bukan? Cara ini merupakan cara yang diajarkan oleh Prof Sanda Fransiskus seorang Profesor dari UNDANA Kupang tatkala memberikan materi di penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Media Luar Ruang di Mbay, Kabupaten Nagekeo (4 --7 Desember 2019)

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Terkhusus para Bapak Ibu guru yang mengajar di kelas bawah, apalagi kelas 1. Sangat PAS itu. Demikainlah caranya mengenai mengajar peserta didik untuk membaca dan menulis yang mengalami kesulitan.

0 Response to "Mengajar Menulis dan Membaca Peserta Didik yang Susah Sekali? Coba Cara Ini Pasti Berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel