Cara Mengerjakan PMP Dengan Cepat Langsung Menggunakan Banyak Laptop Hingga Smartphone Dengan Memanfaatkan Wifi di Android Smartphone (Tanpa Paket Data Internet)

Cara Mengerjakan PMP Dengan Cepat Langsung Menggunakan Banyak Laptop Hingga Smartphone Dengan Memanfaatkan Wifi di Android Smartphone ~ Mengerjakan PMP 2019 ini sebenarnya adalah sangat mudah. Namun permasalahan utama yang mana membuat kita para OPS lama adalah mengisi instrumen yang mana harus melibatkan Banyak Responden.

Jumlah Responden yang harus mengisi PMP 2019 ini juga sudah kami bahas pada postingan sebelumnya. Siakan dicari ya?

Dengan banyaknya Responden yang terlibat tersebut tentunya akan sangat menghambat dan memperlambat kinerja OPS dalam mengerjakan PMP ini. tak jarang yang OPS rela berkorban dengan mengisikan kuesioner mereka lho. Benar bukan?

Namun mengisikan kuesioner mereka itu bukanlah cara yang baik, apalagi searang sudah zamannya menuju pada Industri 4.0 dimana sudah serba teknologi canggih. Masa isi PMP ini saja tidak bisa sih? 

Pada kesempatan ini kami akan membagikan sedikit cara agar para OPS bisa lebih teringankan bebannya dimana kita bisa memanfaatkan fasilitas Laptop/PC di sekolah bahkan juga bisa menggunakan smartphone anda. Dan yang penting lagi adalah ini bisa dilakukan tanpa menggunakan paket data internet. Paket internet cukup nanti ketika akan sinkron saja.

Alat-alat yang perlu disiapkan adalah :
  • Laptop/PC yang sudah terinstal PMP 2019
  • Laptop lain yang tentunya belum terinstal PMP.
  • Smartphone Android (tidak perlu paket data)


Seperti apa caranya mari kita simak langkah demi langkah berikut ini. Silakan disimak secara runtut dan teliti sehingga tidak ada langkah yang terlewatkan.

Langkah 1

Nyalakan Laptop yang sudah terinstal PMP 2019 kemudian buka aplikasi dan Log in.

Langkah 2

Nyalakan laptop lain yang mana akan digunakan untuk mengisi kuesioner. Jangan lupa para respondennya juga disuruh bersiap-siap.

Langkah 3

Siapkan smartphone, tablet, android bilamana ada responden yang akan mengisi kuesioner melalui android.

Langkah 4

Siapkan salah satu smartphone android anda untuk digunakan sebagai pusat jaringan atau piranti yang akan menyebarkan database aplikasi dengan wifi. Langsung nyalakan Tetheringnya ya?

Langkah 5

Konekkan semua Laptop/PC/Smartphone/android yang akan digunakan untuk mengisi kuesioner ke smartphone yang sudah dinyalakan tetheringnya (langkah ke 4).

Langkah 6

Bilamana semua sudah terkonek pada SATU jaringan wifi, maka langkah berikutnya adalah mencari IP Adress/alamat IP (Internet Protocol) yaitu dengan cara melakukan di Laptop server/yang terinstal PMP yaitu :
Ketik windows + R


  1. Matikan Windows Firewall anda (klik kanan pada start => search =>windows firewall=> cari settingan untuk mematikanya.
  2. Tekan tombol windows + R
  3. Ketikkan cmd lalu enter (anda akan masuk pada tampilan blank hitam)
  4. ketikkan ipconfig disana lalu tekan enter (selanjutnya akan muncul tampilan alamat IP)
  5. Catat alamat IP/IP adress yang sudah tertera tersebut. Lihat gambar di bawah berikut.

Alamat IP

Langkah 7

Buka Google chrome atau perangkat browser internet lainnya baik di Laptop/PC hingga smartphone yang akan digunakan mengisi kuesioner. Kalau pada gambar di atas/contoh adalah 192.168.43.58

Langkah 8

Masukan IP Adress tadi ke dalam spasi penginputan website. Lalu ditambahkan titik dua diikuti dengan 1745 (port EDS PMP). Kemudian tekan Enter

192.168.43.58: 1745

Langkah 9 

Berhasil masuk aplikasi PMP

Anda sudah masuk pada aplikasi EDS PMP 2019

langkah 10

Log in dan mulailah mengisi kuesioner

Bagaimana? Mudah bukan? Dan satu lagi hal penting yang mana sangat berpengaruh pada pelaksanaan cara ini adalah anda di haruskan untuk mematikan firewall atau menonaktifkan windows firewall anda. Silakan cari di pengaturan (walaupun tidak disarankan oleh windows, namun demi PMP bukan). 

Demikian Cara Mengerjakan PMP Dengan Cepat Langsung Menggunakan Banyak Laptop Hingga Smartphone Dengan Memanfaatkan Wifi di Android Smartphone (Tanpa Paket Data Internet). Kini anda khususnya para OPS sudah tidak pusing lagi harus mengisi dengan satu laptop saja. Selamat Bekerja. Bilamana ada pertanyaan boleh ditanyakan di kolom komentar.  Salam Inspirasi.






1 Response to "Cara Mengerjakan PMP Dengan Cepat Langsung Menggunakan Banyak Laptop Hingga Smartphone Dengan Memanfaatkan Wifi di Android Smartphone (Tanpa Paket Data Internet)"

  1. While it's typical for cell phones to come in a few sizes, the web is consistently the key. A cell phone sans web is similar to a burger without the ham.mx player

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel