Catur - Olahraga Asah Otak Sekaligus Adu Mental

Catur adalah sebuah olahraga yang cenderung beradu pikiran, mental, konsentrasi, ketelitian, serta strategi. Catur dimainkan oleh dua orang saja. Adapun kalau lebih biasanya sebagai penonton khususnya pada situasi informal atau bukan pertandingan resmi. Dengan bermain catur kita bisa meningkatkan tingkat intelegensi kita. Percaya atau tidak silakan anda buktikan sendiri.
Gambar : Permainan Catur

Catur ini sangat minim sekali aktivitas fisiknya. Lalu kenapa bisa disebut olahraga? Pada postingan sebelumnya saya sudah bahas mengenai alasan mengapa catur masuk dalam cabang olahraga. Silakan di baca kalau penasaran ya? Baca Disini.
Gambar : Pecatur

Pecatur adalah orang yang memainkan catur. Baik satu lawan satu maupun melawan beberapa orang (informal). Seorang atlet catur bisa dikatakan sebagai olahragawan paling cerdas dikarenakan olahraga ini 99% bermain di otak.

Sebelum bertanding, pecatur harus memilih biji catur yang akan dimainkan olehnya. Terdapat dua warna bidak atau biji catur yaitu warna hitam dan warna putih. Pertandingan dimulai oleh pemain yang mendapatkan bidak warna putih. Kemudian dilanjutkan oleh lawannya yaitu pecatur yang memiliki bidak hitam, kemudian putih lagi, sampai permainan selesai.

Permainan catur tentunya dilaksanakan di atas papan catur yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak berwarna hitam dan putih secara berselang-seling atau bergantian. Permainan ini harus dimainkan penuh konsentrasi serta ketenangan. Jadi tidak bisa kita sembarangan berteriak-teriak untuk memberikan arahan maupun semangat.
Gambar : Susunan bidak catur nampak dari samping

Gambar : Bidak catur tampak dari atas

Bidak catur disusun berbaris secara khusus sesuai dengan peraturannya. Satu buah bidak hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan dari masing-masing barisan tersapat bidak yang bernama pion, diikuti di belakangnya yaitu urut dari pojok dinamakan benteng, kuda (knight satria), gajah (bishop uskup)satu menteri atau ster, serta satu raja.

Dalam menyusun bidak catur perlu kita ketahui bahwa bilaman kita memainkan bidak yang putih, maka raja berada di posisi kotak hitam. Sedangkan bila kita memainkan bidak hitam maka raja berada di bidak putih. Jadi jangan sampai keliru menempatkan posisi raja dan menteri atau ster.

Catur memiliki aturan permainan yang sudah baku. Bidak catur tidak bisa asal jalan sesuka hati kita. Akan tetapi dijalankan sesuai dengan peraturan yang ada. Pion hanya bisa berjalan satu langkah ke depan (kecuali langkah pertama bisa dua). Benteng berjalan lurus diagonal vertikal atau horisontal. Kuda berjalan dengan posisi L atau sebaliknya dengan rumus 2-1 atau 1-2 tergantung situasi dan kondisi. Untuk gajah berjalan diagonal sesuai warna kotak di papan catur. Ster atau menteri bisa berjalan bebas baik horisontal vertikal, maupun diagonal dengan catatan tidak ada halangan di jalurnya. Dan Raja hanya bisa berjalan bebas satu langkah.
Gambar : Ilustrasi Sekak dalam Catur

Permainan catur akan dinyatakan selesai bilamana salah seorang pemain catur (yang kalah) berada pada kondisi raja yang sudah tidak sanggup lagi berjalan serta pada kondisi terancam atau biasanya disebut skak.

Bilamana anda belum bisa bermain catur maka akan kesulitan memahami tulisan ini. Tapi bila anda membaca dengan santai, pelan dan berurutan saya yakin anda akan segera memahami cara bermainnya. Dan terakgir saya himbau mari bermain catur sambil ngopi. Pasti sangat nikmat. Salam PJOK.

0 Response to "Catur - Olahraga Asah Otak Sekaligus Adu Mental"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel