Loopas Pagi Untuk Mengawali Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Loopas Pagi Untuk Mengawali Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ~ Seringkali kita mendengar istilah kata Loopas, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Sekitar Nusa Tenggara Timur. Sudahkah anda mengetahui apa sih sebenarnya makna dari sebuah kata tersebut.

Loopas secara harfiah bisa dikatakan sebagai langkah. Baik langkah ke depan maupun ke belakang. Intinya adalah terjadi bergerakan kaki dimana dari titik awal menuju titik tujuan.

Kaitannya dalam segi keolahragaan, loopas ini memiliki arti sebagai kegiatan lari-lari kecil. Sejenis dengan sebuah istilah joging kalau pada bahasa kekiniannya.

Loopas ini sangat cocok dilaksanakan untuk mengawali kegiatan olahraga. Apalagi saat kegiatan belajar mengajar dosekolah. Khususnya adalah mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Ilustrasi : Loopas Pagi  Sebelum berolahraga

Baca Juga :

Pagi hari sebelum masuk pada materi inti kegiatan belajar mengajar, ajaklah anak didik kita sesekali untuk loopas pagi untuk mencari suasana dan aura baru. Dengan demikian gairah serta semangat belajar anak didik kita akan semakin meningkat.

Kegiatan loopas pagi ini alangkah baiknya dilaksanakan diluar sekolah. Bisa berkeliling di taman, kebun, ataupun lapangan sekitar yang letaknya tak terlalu jauh dari sekolah. Tidak menutup kemungkinan kota bisa melaksanakan loopas pagi ini di tempat keramaian. Mengitari kampung, RT, RW, ataupun Desa setempat.

Dimanapun arah loopas pagi yang dilaksanakan tentunya harus dipastikan dulu kondisi peserta didik. Pastikan mereka berada pada kondisi fit atau bugar. Agak merepotkan juga nanti bila ditengah jalan terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kelelahan, capek, hingga yang terburuk yaitu pingsan.
Bekal juga sangat penting disiapkan oleh masing-masing peserta didik. Pesan kepada anak didik kita agar saat kegiatam belajar mengajar PJOK mereka membawa bekal. Minimal adalah air minum. Tergantung selera dari masing-masing anak didik kita.

Dari uraian ini coba cek di sekolah bapak/ibu sekalian. Apakah sudah menjalankan kegiatan yang terlihat sepele ini, namun manfaatnya luar biasa. Demikian penulis sampaikan. Salam PJOK

0 Response to "Loopas Pagi Untuk Mengawali Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel