Materi Pembelajaran PJOK

Pembelajaran PJOK memiliki pradigma "Bergerak untuk Belajar". Bilamana kita menganggap Penjasorkes itu adalah belajar untuk bergerak adalah salah besar. Mari kita sama-sama satukan persepsi mengenai pandangan atupun pradigma tersebut.

Mata Pelajaran PJOK diajarkan sejak dini. Mulai jenjang Sekolah dasar (SD), Menengah Pertama (SMP), dan tingkat Menengah Atas (SMA). Kemudian tiga jenjang tersebut akan lebih disempurnakan lagi tentunya pada jenjang perguruan tinggi.

Materi Pembelajaran PJOK secara umum dapat digolongkan menjadi Lima. Kelima unsur tersebut yaitu :

1. Aktivitas Fisik/Kebugaran Jasmani

Pada unsur ini merupakan dasar-dasar atau pondasi dari Pembelajaran PJOK. Di sini mempelajara tentang beberapa aktivitas fisik yang mana diharapkan dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Contoh nyatanya adalah berupa materi tentang Komponen Kondisi Fisik antara lain : Kekuatan, kelincahan, keseimbangan, kelentukan, power/daya ledak, keseimbangan, koordinasi, kecepatan, Ketepatan, dan daya tahan/endurance.

2. Atletik

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa atletik disini mendpatkan julukan The Mother of Sport. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa semua cabang olahraga atletiklah dasar-dasarnya.  Jadi sangatlah wajar ketika beberapa latihan atletik ini banyak yang diterapkan pada olahraga permainan. Atletik sendiri disini memiliki beberapa nomor perlombaan yaitu : lari, lempar, dan lompat.

3. Permainan Bola 

Pada materi ini merupakan materi yang sangat dinanti-nantikan oleh peserta didik. Dengan kata lain materi ini lah yang menjadi primadona dari semua materi yang ada. Kenapa demikian? tentunya banyak sekali alasannya. Salah satunya yaitu kegiatan permainan olahraga dengan bola ini secara umum membutuhkan sebuah pertandingan dengan menargetkan gol atau tujuan sesuai cabang yang dimainkan. Bola voli misalnya, ketika bermain dan ada peserta didik yang berhasil melakukan smash/spike tentunya akan membuat daya tarik yang sangat besar. Begitupun pada permainan sepak bola, tatkala terjadi gol atau serangan maka disitulah klimaksnya. 

Permainan Bola ini dijabarkan lagi secara luas yaitu perminan bola kecil dan permainan bola besar. Setiap cabang memiliki karakter sesuai cabang masing-masing. Kedua sub materi ini memiliki daya pikat yang hampir seimbang. Namun bila di telusuri lebih dalam maka permainan bola besarlah yang menjadi favorit karena disitulah olahraga terbesar, terpopuler di dunia berada.

4. Aktivitas Senam.

Aktivitas fisik pada materi ini tergolong materi atau cabang olahraga yang menegangkan. Karena pada materi ini terdapat beberapa aktivitas fisik yang mana bila dilakukan akan membuat para penonton menjadi tegang. Seperti pada senam lantai, ketika seseorang/atlet melakukan roll depan belakang kemudian dilanjutkan dengan gerakan salto. Wow, betapa menegangkan sekali. Secara umum aktivitas senam ini dibagi menjadi 3tiga macam, yaitu senam lantai, senam irama, dan senam artistik (menggunakan alat).

5. Aktivitas Aquatik.

Sesuai dengan namanya yaitu aquatik. Tentunya akan selalu berhubungan dengan air. Bisa dikatakan pula bahwa materi ini adalah aktivitas air. aktivitas tersebut bisa berupa permainan ataupun berenang. Teman-teman sekalian harus ekstra hati-hati ya ketika melakukan atau mengajarkan materi ini karena materi ini membutuhkan pengawasan yang sangat ekstra. Pada materi ini peserta didik akan dikenalkan dengan bebeapa teknik atau gaya renang seperti : Gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu.

Demikianlah ringkasan padat cepat dan jelas mengenai lima materi tentang pembelajaran PJOK. Mudah-mudahan dapat membantu teman sekalian. Kurang lebihnya silakan tambahkan di kolom komentar atau teman-teman sekalian bisa menghubungi admin di kontak yang tersedia. Sekian terimakasih

SALAM PJOK!!!!


0 Response to "Materi Pembelajaran PJOK"

Post a Comment