Permainan Pemanasan PJOK Integrasi Olahraga Untuk Pembangunan (Sport for Development) - Permainan Dua Lima

e-Pjok.web.idPermainan Pemanasan PJOK Integrasi Olahraga Untuk Pembangunan (Sport for Development) - Permainan Dua Lima. Salam PJOK. Bapak/Ibu Guru sekalian tentunya dalam mengawali proses belajar mengajar akan senantiasa memberikan permainan-permainan ataupun aktivitas ringan/sederhana sebelum masuk pada materi inti/pokok. Kembali disini kami tim e-Pjok akan memeberikan contoh yang bisa Bapak/Ibu sekalian jadikan referensi dalam menngawali pembelajaran di kelas anda esok hari.

Permainan Pemanasan PJOK - Permainan Dua Lima ini dilihat dari namanya saja sudah penasaran. Seperti apa sih  permainannya?
Peserta didik sedang melakukan permainan dua lima

Baik, mari kita simak penjelasan berikut ini mengenai tata cara permainannya :

Formasi

Buatlah atau bagi peserta didik anda menjadi beberapa bagian dengan kelompok sangat disarankan minimal 5 dan maksimal 10 tergantung kondisi kelas anda. Setelah itu buat formasi lingkaran dengan jarak kira-kira antara dua lengan.

Lapangan

Area yang dibutuhkan cukuplah sederhana yaitu bisa berupa lapangan yang biasa bapak/Ibu gunakan dalam pembelajaran.

Peralatan

Setiap kelompok berikanlah satu bola. Bisa bola plastik, bola sepak (bola kaki), bola takraw, tergantung kondisi atau situasi masing-masing sekolah.

Cara Bermain 

Permainan ini merupakan permainan Jugling (timang-timnag bola) sederhana namun sangat menggembirakan. Jadi setiap peserta didik harus melakukan jugling secara bergantian. Apabila peserta didik dalam melakaukan jugling gagal atau bola jatuh menyentuh tanah maka akan berhenti untuk kemudian digantikan peserta didik berikutnya sesuai giliran.

Setiap peserta didik akan menghitung hasil jugling yang telah mereka lakukan. Nah, disinilah permainan Dua Lima dimulai. Yaitu bilamana ada peserta didik yang berhasil mencapai nilai dua puluh lima duluan, maka dialah yang menang. Peserta didik yang lainnya dalam satu kelompok tersebut akan dinyatakan kalah harus melakukan push up 5 kali, atau squat jump 5 kali. Kemudian permainan dimulai kembali.

Durasi

permainan ini sifatnya adalah pemanasan/ice breaking saja. jadi jangan terlalu lama. Durasi yang pas yaitu 15 menit.  

Point Penting Olahraga untuk Pembangunan (Sport for Development - S4D)

  • Kejujuran yaitu seiap peserta didik akan menghitung hasil mereka masing-masing. 
  • Percaya diri dimana keberanian peserta didik dalam menampilkan kebolehean/kemampuannya dalam kelompok mereka.
  • Berlatih menghitung, menjumlah, dan mengingat angka (Matematika)

Bagaimana cukup seru bukan? Permianan pemanasan ini sangatlah cocok diterapkan tatkala pembelajaran permainan bola. Permainan ini juga bisa dikembangkan lebih lanjut seperti menggunakan tangan (bola voli) yang tentunya cukup menarik utuk dicoba.  Demikian Permainan Pemanasan PJOK Integrasi Olahraga Untuk Pembangunan (Sport for Development) - Permainan Dua Lima. Semoga bermanfaat untuk bapak/Ibu sekalian. Salam PJOK dan Sukses untuk kita semua. 



0 Response to "Permainan Pemanasan PJOK Integrasi Olahraga Untuk Pembangunan (Sport for Development) - Permainan Dua Lima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel