Setelah Selesai PPG apa Yang Harus Segera Dilakukan Agar Sertifikasi Bisa Cair - Simak Disini

Setelah Selesai PPG apa Yang Harus Segera Dilakukan Agar Sertifikasi Bisa Cair - Simak Disini ~ Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sejenis diklat yang mana memberikan sebuah bekal, materi, pengetahuan, dan kemempuan guru untuk menjadi profesional pada bidangnya.

Ilustrasi PNS Bersertifikasi

Seorang guru secara administrasi dikatakan profesional tatkala sudah mengantongi sertifikat pendidik. Dengan bekal tersebut kemampuan guru pun akan semakin meningkat yang mana setiap triwulan menerima tunjangan sertifikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran.

Untuk masuk menjadi peserta PPG sendiri ini sekarang bisa dibilang sangat sulit. Kenapa demikian? Karena harus melalui tahapan yang sungguh penuh perjuangan.

Pemerintah pun akhir-akhir ini sudah menggalakan model-model dalam PPG. Dulu memang masih dalam bentuk PLPG yang ditempuh sekitar 2 minggu. Namun PPG ini sekarang bisa ditempuh berbulan-bulan.

PPG sendiri ini diawali oleh program pemerintah yang menjadi pilot project yaitu PPG jalur SM-3T. Jadi para calon peserta PPG bisa masuk setelah mengikuti ptogram sarjana mendidik di daerah 3t tersebut.

Kemudian semakin berkembang dimana terdapat PPG Jalur Reguler dengan biaya mandiri, hingga sekarang pun yang masih ramai yaitu melalui seleksi Pretest PPG.

Guru yang telah berhasil lulus pada Pretest PPG tersebut maka besar kemungkinan akan segera dipanggil untuk mengikuti PPG yang bisa dilaksanakan di LPTK seluruh Indonesia.

Lantas setelah selesai PPG serta dinyatakan lulus kemudian apa yang dilakukan agar tunjangan sertifikasi bisa cair? 

Jawabnya yaitu pertama harus cari atau berusaha memperoleh NUPTK. Selanjutnya adalah NRG. kedua nomor tersebut bersifat vital. Dan tidak akan bisa diproses langkah berikutnya jika belum ada kedua nonor tersebut.

Yang ketiga adalah segera melapor ke operator dinas yang menangani simtun (sistem informasi aneka tunjangan). Nanti data-data anda akan diinput disana yang tentunya akan disinkronkan dengan data dapodik disekolah anda.

Setelah itu semua selesai langkah berikutnya adalah memantau info gtk. Tetapi tentunya pastikan dulu bahwa data di dapodik anda sudah benar. Seperti sudah diinputkan riwayat sertifikasi. Kemudian mengajar 24 jam, dan tentunya berstatus PNS, atau GTY (Guru Tetap Yayasan)

Nah, bila anda sudah sesuai pada kriteria tersebut di atas tinggal selalu pantau di info gtk hingga pastikan sudah berstatus nomor 8. Yaitu telah terbit SKTP.

Bilamana sudah terbit SKTP maka sudah dipastikan anda akab segera menerima tunjangan profesi Guru tersebut. Nominalnya adalah satu kali gaji pokok anda bagi pegawai Negeri. Sedangkan GTY sesuai Inpassing.

Demikianlah Setelah Selesai PPG apa Yang Harus Segera Dilakukan Agar Sertifikasi Bisa Cair. Semoga anda sudah semakin jelas dan tahu arah tujuan kemana setelah ini. Selamat mencoba.

0 Response to "Setelah Selesai PPG apa Yang Harus Segera Dilakukan Agar Sertifikasi Bisa Cair - Simak Disini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel