Kemdikbud Gelar Semiloka Pembinaan Kepelatihan Sepakbola untuk Guru PJOK Jenjang SD Gandeng PSSI

Kemdikbud Gelar Semiloka Pembinaan Kepelatihan Sepakbola Guru PJOK Jenjang SD Gandeng PSSI ~ Semiloka adalah kegiatan seminar sekaligus lokakarya yang memberikan sebuah materi sekaligus praktek-praktek tertentu sesuai dengan substansi yang di bawakan. Dalam hal ini Kemdikbud menggandeng PSSI Gelar Semiloka untuk memfasilitasi para guru-guru khususnya pada jenjang sekolah dasar untuk mengembangkan dirinya tentang dunia kepelatihan sepakbola.
Pembukaan semiloka pembinaan kepelatihan sepakbola SD yang langsung dihadiri konselor Jerman

Kegiatan semiloka ini merupakan kegiatan kali kedua  dimana kemdikbud pada tahun lalu pun telah menggelar kegiatan yang sama. Setiap tahun dilaksanakan bertahap yaitu tahap pertama dan sebulan berikutnya disusul tahap kedua.

Semiloka Pembinaan kepelatihan Sepakbola para Guru SD ini adalah sebuah cara tersendiri dimana pemerintah melalui kemdikbud yang berkombinasi dengan PSSI menjaring para guru-guru PJOK yang potensial untuk ditempa dan dikembangkan lagi menjadi pelatih yang berkarakter dan beda dari yang lain.

Hal tersebut demikian karena di semiloka ini terdapat sebuah materi yang mana sangat bagus sekali untuk diaplikasikan kepada para anak didik ataupun atlet-atletnya yaitu Sport for Development yang dapat diartikan sebagai olahraga untuk pembangunan.

Olahraga untuk pembangunan ini biasa juga disebut dengan istilah keren S4D. Sport for Development. Dari sini bisa diketahui bahwasannya dengan olahraga bisa membangun karakteristik mulai dari anak-anak untuk menjadi pribadi yang tangguh serta memiliki perilaku yang terpuji.

S4D pada sepakbola ini pun merupakan sebuah terobosan baru dan sangat cocok untuk dikembangkan di sekolah-sekolah dimana pada elemen pendidikan tersebut juga digemparkan dengan istilah PPK (Penguatan Pendidikan Karakter).

Dengan olahraga Sepakbola bisa di ajarkan nilai-nilai kehidupan yang positif seperti perilaku hidup sehat, makanan sehat, hingga pendidikan anti narkoba. Sepakbola dirasa olahraga yang paling cocok karena olahraga ini merupakan olahraga terpopuler di dunia.

Baru-baru ini pun kemdikbud telah berhasil merilis buku panduan barunya yang mana didalamnya terdapat materi-materi panduan sepakbola untuk jenjang sekolah dasar. Anda bisa langsung downlod dengan mengklik tautan di bawah ini.

Kegiatan semiloka tahap 2 di tahun 2019 ini telah sementara dilaksanakan di Bandung. Tepatnya di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sebanyak 60 guru PJOK disana sekarang sedang menimba ilmu untuk bekal nantinya kembali ke tempat tugas mereka masing-masing.

Kegiatan pembukaan semiloka tahap kedua tahun 2019 ini serasa lebih megah dimana langsung dihadiri oleh Direktur Pembinaan SD, Konseler dari Jerman, Direktur HRD PSSI, Kasubdit Peserta Didik di hari Sumpah pemuda, 28 Oktober 2019 kemarin. Serta tak lupa dua orang instruktur yang ditugaskan oleh PSSI yaitu Coach Zaenal Abidin Zapello dan Coach Marwal Iskandar.

Output dari kegiatan ini tentunya nanti oara guru PJOK bisa mendesiminasikan di lingkungan tempat dimana mereka bertugas. Serta bagi masyarakat bisa mencetak manusia yang tangguh melalui olahraga sepakbola.

0 Response to "Kemdikbud Gelar Semiloka Pembinaan Kepelatihan Sepakbola untuk Guru PJOK Jenjang SD Gandeng PSSI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel