Voli Pantai - Permainan bola voli yang sangat Asyik dan Tak Kalah Seru dengan Voli Indor

Voli Pantai - Permainan bola voli yang sangat Asyik dan Tak Kalah Seru dengan Voli Indor ~ Voli Pantai adalah jenis olahraga permainan bola voli yang mana dimainkan di lapangan pasir dengan jumlah pemain sebanyak 2 orang dalam satu tim. 
Gambar : Olahraga Voli Pantai

Olahraga Voli pantai ini merupakan pengembangan dari cabang olahraga bola voli yang mana lebih mengedepankan pada sisi ketahanan. Untuk bisa bermain ini deiperlukan ketahanan tubuh yang lebih yang mana dalam satu tim terdapat dua pemain saja yang mengharuskan untuk selalu bekerja ekstra keras.
Gambar : Lapangan Voli Pantai
Gambar : Bola khusus yang digunakan dalam Voli Pantai


Pemain bola voli indor belum tentu bisa dengan mahir memainkan olahraga ini. Namun kebalikannya yang mana pemain voli pantai akan lebih mudah menyesuaikan dalam permainan bola voli indor. Seperti kita lihat pada pemain Nasional Voli Pantai Indonesia Koko Prasetyo yang memutuskan untuk bergabung di voli indor di klub Jakarta Sananta pada saat itu.

Jika dibandingkan dengan permainan bola voli indoor, permainan voli pantai mempunyai lebih banyak faktor yang menyulitkan seperti : pasir, angin, dan terik matahari yang cukup menyengat. Maka tak asing pula bila dijumpai para atlet bola voli pantai memakai pakain yang semi ketat.
Gambar : Servis untuk memulai pertandingan voli pantai

Para pemain diwajibkan bisa menguasai permainan bola dan memiliki kecepatan yang mumpuni. Kedua pemain dalam sebuah tim harus mempunyai kemampuan yang sama satu sama lain karena jika tidak, maka lawan akan dengan sangat mudah untuk mengeksploitasu pemain yang lebih lemah.

Permainan bola voli pantai terdapat tiga set dengan sistem rally point. Dua set pertama dimainkan hingga 21 poin dengan set penentuan hanya 15 poin. 

Tim harus bisa memenangkan set penentuan tersebut di atas dengan lebih unggul dua poin seperti pada voli indor. Tidak terdapat batasan nilai, pemenang akan ditentukan jika salah satu tim telah mencapai angka lebih 2 atau selisih 2 poin.
Gambar : Seorang pemain sedang memberikan kode kepada teman satu tim dalam pertandingan bola voli pantai

Permainan voli pantai ini pun juga akrab dengan sebutan voli pasir. Kenapa demikian? Jawabannya tentu karena olahraga ini hanya bisa dimainkan di pasir. Bahkan ada beberapa lapangan voli pantai yang berada di tengah kota yang mana didesain khusus seolah-olah berada di pantai. 

Teknik bermain dalam permainan ini pun tidak jauh berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya. terdapat teknik-teknik seperti servis, passing, block, serta teknik yang paling besar memiliki daya pikat penonton yaitu spike atau smash. 
Gambar : Passing untuk menyiapkan sebuah serangan dalam Permainan

Namun demikian, dalam permainan bola voli pantai ini tidak selalu diakhiri dengan serangan spike hebat dengan penih variasi di voli indor, akan tetapi lebih mengutamakan bagaimana agar lawan bisa gagal mengembalikan atau minimal susah untuk menerima. Sebagian besar pemain lebih banyak dilakukan drill plessing, atau penempatan pukulan bola ke daerah tertentu dengan tujuan menyulitkan lawan.
Gambar : Pemain berusaha untuk memainkan bola di atas net

Bagi sobat-sobat e-PJOK yang tinggal di seputar pantai tentunya akan lebih bisa mendalami olahraga ini. tinggal tanam tiang, bentang net, kemudian cari bola. Sudah bisa melakukan permainan bola voli pantai nan sangat asyik ini. Salam PJOK.

0 Response to "Voli Pantai - Permainan bola voli yang sangat Asyik dan Tak Kalah Seru dengan Voli Indor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel