Olahraga Tinju - Olahraga Pertandingan yang Paling Menegangkan

Olahraga Tinju - Olahraga Pertandingan yang Paling Menegangkan ~ Olahraga Tinju adalah salah satu jenis olahraga pertandingan yang mana mempertandingkan nomor tunggal saja dalam ring atau arena yang telah ditetapkan untuk kemudian melakukan pukulan-pukulan sesuai dengan tata cara dan aturan yang berlaku.
Gambar : Olahraga Tinju

Olahraga Tinju ini merupakan olahraga yang sangat terkenal di Indonesia maupun di kalangan manca negara. Beberapa atlet tinju yang sangat populer seperti Mohammed Ali, Mike Tyson (Si Gulu Beton), Hollyfiel, Lenox luiz, dan masih banyak lainyya. Adapun atlit Tinju Nasional kita yang cukup mendunia ialah Chris John (The Dragon).
Gambar : Pertandingan Tinju

Pertama kali olahraga tinju ini masuk ke dalam Olimpiade kuno, perlengkapan yang digunakan adalah selembar kulit yang dibalut dengan kepalan petinju. Pertandingan berlanjut hingga sesorang ataupn lawan jatuh ataupun menyerah.

Para bangsa romawi mengikuti ukuran ruangan gladiator. Mereka biasanya memakai sarung bertabur paku atau mengandung timah, dan pertandingan terkadang berakhir dengan menegangkan seperti hiburan lainnya pada mas itu.
Gambar : Atlet Tinju sedang berlatih mpukulan Jep

Ketika pertandingan modern dimulai kembali pada tahun 1896, orang-orang yang berada di komite Athena memutuskan untuk menghilangkan Olahraga Tinju karena dianggap berbahaya. Olahraga ini kemudian bisa ditampilkan kembali pada tahun 1904 di St. Louis, berkat popularitasnya di Amerika Serikat, lalu hilang kembali pada tahun 1912 saat Stockholm karena hukum di Negara Swedia melarang Cabang olahraga tersebut.
Gambar : Tinju Amatir

Semenjak tahun 1920 tersebut, Olahraga Tinju baru kembali lagi dipertandingkan pada Olimpiade hingga saat ini. Oleh karena itu hanya nama Muhammad Ali (Cassius Clay pada saat itu) dan Teofilo Stevenson (Juara 3 kali perolehan medali emas yang dapat masuk ke dalam jajaran nama-nama petinju legenda seperti Agenes (Petinju dari Thassos) dan Cleitomachus (petinju dari Thebes).
Gambar : Tinju pada kelas wanita

Olahraga tinju ini dipertandingkan di ring arena dengan durasi tertentu yang biasa dikenal dengan ronde. dari ronde satu ke berikutnya biasanya ada jeda bagi atlet untuk istirahat sambil menyusun strategi pertandingan. 

Di Indonesia Olahraga tinju ini pun makin di gemari oleh masayrakat. Lebih dominan para masyarakat Indonesia bagian timur yang mana terlihat lebih sangat antusias untuk mengikuti ataupun menyaksikan sebuah turnamen tinju.

Namun, dalam pembelajaran PJOK di sekolah, oalhraga tinju ini cukup berbahaya bila diajarkan. Hanya boleh dilaksanakan pada sebuah kelompok olahraga atau sekolah tinju pada umumnya. Salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Tinju - Olahraga Pertandingan yang Paling Menegangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel