Olahraga Tenis Meja - Olahraga Adu Kecermatan namun Praktis bisa dilakukan dimana Saja

Olahraga Tenis Meja - Olahraga Adu Kecermatan namun Praktis bisa dilakukan dimana Saja ~ Tenis Meja dalah salah satu olahraga bagian dari tenis yang mana di lakukan di atas meja. namanya saja Tenis meja, tentunya akan dimainkan di atas meja. Namun demikian, walaupun di atas meja tetapi permainan ini sangat menarik untuk dicoba.
Gambar : Olahraga Tenis Meja

Tenis Meja telah menemui jalan yang cukup panjang sejak pertama kali diperkenalkan sebagai olahraga untuk aktivitas pasca makan malam. Olahraga ini merupakan alternatif yang lebih sopan dari tenis lapangan yang mana dilakukan di Inggris pada tahun 1890an. 

Saat ini , para petenis meja bertarung memperebutkan hadiah yang cukup besar. Menggunakan bet yang sudah berteknologi tinggi, dan memukul bola dengan kecepatan hingga 160 kilometer per jam. 
Gambar : Meja Tenis

Gambar : Peralatan Olahraga Tenis Meja


Tenis Meja kini telah menajdi olahraga yang cukup diminati para masyarakat dengan tingkat partisipasi tertinggi di dunia. Dimana 40 juta petenis akan bertarung di meja profesional di seluruh dunia dan tak terhitung lagi berapa juta orang yang bermain sekedar untuk bersenang-senang atau hobi saja.

Pertandingan tunggal putra, putri, beregu putra dan putri merupaakan empat kelas yang dipertandingkan dalam kejuaraan Olimpiade. Semuanya merupakan pertandingan terbaik dari lima set atau three winning set game.
Gambar ; Pemain akan melakukan Serve dalam turnamen Tenis Meja

Pada pertandingan tunggal, 16 pemain terbaik langsung maju ke babak utama, sementara 48 lainnya harus mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu. 16 pemain berikutnya akan masuk ke babak berikutnya. Babak utama  merupakan turnamaen eliminasi tunggal. Pemenang semi final akan bertanding memperebutkan juara satu untuk kemudian memperoleh medali emas. sedangkan pemain yang kalah pada semi final akan masuk babak perebutan medali perunggu atau juara ketiga. Format yang serupa juga diterapkan pada pertandingan beregu, namun hanya 32 regu yang terlibat.

Olahraga tenis meja ini memiliki aturan yang tegas serta menerapkan penalti atas tindakan-tindakan yang tidak sportif. Namun demikian itu tidak menghentikan para pemain untuk melakukan permainan psikologi dan mendapatkan keuntungan. Memandangi lawan secara terus-menerus, berlama-lama dalam mengelap keringat dan mengikat tali sepatu adalah langkah-langkah yang umum di lakukan. Meskipun para pemainnya bertindak sopan, nama-nama pukulannya bersifat agresif dan kompetitif misalnya forehand, backhand, chop, spin, dan Smash.
Gambar : Smash dalam tenis Meja

Sebagai guru PJOK tentunya harus mengetahui olahraga praktis, ekonomis serta menyenangkan ini. Olahraga ini memang membutuhkan modal awal yang cukup besar yaitu meja beserta perlengkapannya. Akan tetapi setelah itu tinggal jalan saja, mungkin cukup beli bol sebagai cadangan untuk persiapan bilaman bola telah pecah. 

Demikian saja ulasan kami mengenai olahraga Tenis Meja. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam PJOK

0 Response to "Olahraga Tenis Meja - Olahraga Adu Kecermatan namun Praktis bisa dilakukan dimana Saja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel