Olahraga Tenis Lapangan - Olahraga yang sangat Cocok Bagi Kaum Millenial Plus Kantoran

Olahraga Tenis Lapangan - Olahraga yang sangat Cocok Bagi Kaum Millenial Plus Kantoran ~ Olahraga tenis adalah olahraga yang menggunakan media berupa alat pukul bisa berupa raket atau bat dan memukul bola di area lapangan yang telah ditentukan. Olahraga Tenis ini secara umum dibagi menjadi dua yaitu tenis Meja dan Tenis Lapangan.
Gambar : Tenis Lapangan

Pada postingan ini, penulis akan membagikan pengetahuan terkait dengan tenis lapangan. Tenis lapangan itu sendiri adalah salah satu cabang olahraga lapangan yang dimainkan di lapangan tertentu dengan menggunakan raket serta bola khusus yaitu bola tenis. Adapun bola tenis ini tak jarang para Guru PJOK yang memanfaatkannya untuk digunakan dalam pembelajaran bola kasti.

Tenis lapangan ini merupakan olahraga yang tergolong mewah. hadiah dari kejuaraan-kejuaraan yang telah dilaksanakn juga cukup menggiurkan yang mana setiap juara pastinya akan memboyong nominal yang cukup banyak. 

Sebagai contoh saja, perlengkapan pada olahraga ini tidak murahan, raket ini bisa berharga hinga 500an ribu rupiah. Itupun belum yang golongan enak dan nyaman dipakai. Akan tetapi Raket yang biasa-biasa saja. 
Gambar : Peralatan olahraga Tenis Lapangan

Untuk bermain tenis lapangan ini harus disiapkan arena atau lapangan khusus yang mana tidak sembarang tempat bisa dilaksanakan Minimal permukaannya harus padat dan keras agar bola bisa memantul dengan baik. Adapun jenis perlombaan tertentu yang mana menggunakan alas rumput sebagai daranya. Jenis perlombaan tersebut yakni pada jenis wimbledon.

Gambar : Turnamen Tenis Lapangan

Olahraga tenis ini sempat dikeluarkan dari program Olimpiade setelah 1924 di tengah kekacauan seputar isu misalnya dimana harus ditarik garis pemisah antara amatir dan profesional. Dan tenis tidak pernah menjadi olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade hingga tahun 1988. Namun untuk saat ini sendiri kompetis tenis pada Olimpiade sudah meliputi kelas tunggal, ganda baik putra maupun putri.

Seperti pada umumnya pada turnamen tenis yang lainnya, tenis di Olimpiade merupakan kompetisi menggunakan sistem gugur. Sekali kalah maka ia akan keluar dari kompetisi tersebut. kemenangan pada pertandingan final ditentukan dalam pertandingan tiga set terbaik kecuali pada tunggal putra dan ganda putra maupun ganda putri, dimana kemenangan dimainkan dalam pertandingan lima set terbaik. Di keempat divisi, para pemenang semi final bermain untuk menentukan medali emas dan perak, sedangkan semi finalis yang kalah aka bermain untuk perebutan medali perunggu.
Gambar : Atlet Tenis sedang melakukan Forehand dalam sebuah turnamen

Olahraga tenis lapangan ini makin kedepan makin populer. Bahkan sampai ada salah satu cabang olahraga pengembangan tenis lapangan ini yang dipadukan dengan Bulu tangkis atau badminton. 

Olahraga tersebut dinamakan Tonis (Badminton dan Tenis). Untuk arena lapangan pertandingan hampir menyerupai pada tenis lapangan. Namun dalam permainan mengadopsi teknik permainan bulu tangkis. Adapun olahraga ini ditemukan oleh salah satu dosen dari UNNES (Universitas Negeri Semarang) yaitu Bapak Tri Nurharsono. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai olahraga tenis lapangan. Mudah-mudahan Anda menjadi tertarik untuk mencobanya. terimakasih Salam PJOK.


0 Response to "Olahraga Tenis Lapangan - Olahraga yang sangat Cocok Bagi Kaum Millenial Plus Kantoran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel