Olahraga Renang- Olahraga Air yang Paling digemari Masyarakat Anda Harus Pelajari Juga Ini

Olahraga Renang- Olahraga Air yang Paling digemari Masyarakat Anda Harus Pelajari Juga Ini ~ Olahraga Renang adalah olahraga aquatik yang dilaksanakan dengan memperlombakan kemampuan sorang atlet dalam menempuh suatu jarak tertentu. Dengan kata lain, kalau di darat ada adu cepat yaitu dalam atletik, sedangkan pada air adalah berenang.
Gambar : Olahraga Renang

Untuk bisa berenang, hal pertama yang harus kita kuasai adalah dari sisi mental. Semisal kita akan berlatih atau akan melatih renang, maka pastikan bahwa peserta latihan sudah benar-benar berani dengan air. Bilamana sudah berani dengan air, maka tentunya anak atau peserta latihan itu akan mudah untuk di berikan perlakuan berupa gaya-gaya dalam renang.
Gambar : Tahapan pertama dalam berlatih renang yaitu tentang keberanian

Cabang olahraga renang telah mengalami banyak perkembangan sejak baru dipertandingkan di tahun 1896. Seperti : pengaturan suhu, kolam renang 50 meter, parit penghancur ombak, garis pemisah yang dirancang khusus untuk mengurangi turbulensi. 

Pada Sungai Siene yang berada di Paris tepatnya pada tahun 1900 hingga kolam renang  100 meter yang dibangun di jalur atletik pada tahun 1908 telah digunakan sebagai sarana untuk cabang olahraga ini.

Pada kategori wanita, renang mulai dipertandingkan pada Olimpiade pada tahun 1912. Semenjak termasuk di daalamnya adlaha empat gaya renang dengan jarak tertentu.
Gambar : Sesorang sedang mengapung dalam pembelajaran renang

Gaya bebas termasuk 50, 100, 200, 400, 800 meter (Khusus wanita), 1500 meter (Khusus pria), 10.000 meter. Untuk gaya kupu-kupu, gaya punggung,  dan gaya dada masing-masing 100 dan 200 meter.

Perenang harus berjumlah maksimal delapan dalam setiap perlombaan (sesi). Peserta babak penyisihan hingga final akan ditentukan berdasarkan waktu yang tercepat. Untuk kelas estafet dan perseorangan delapan peserta dengan catatan waktu terbaik akan secara otomatis maju ke babak final.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa terdapat empat 4 gaya renang yaitu, gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Masing-masing memliki tingkat kesulitan dalam mempelejarinya berbeda-beda. Secara umum, gaya paling susah adalah gaya kupu-kupu/dolpin. 
Gambar : Berenang itu sangatlah menyenangkan

Berkaitan dengan amsing-masing gayanya akan kami bahas pada postingan-postingan berikutnya. Demikian lah secara singkat mengenai renang. Semoga bermanfaat. Salam PJOK. 

0 Response to "Olahraga Renang- Olahraga Air yang Paling digemari Masyarakat Anda Harus Pelajari Juga Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel