Olahraga Polo Air - Olahraga Permainan Yang Sangat Seru di Air

Olahraga Polo Air - Olahraga Permainan Yang Sangat Seru di Air ~ Olahraga Polo Air adalah suatu cabnang olahraga permainan bola besar yang mana dimainkan di dalam sebuah kolam renang. Pemain akan berusaha mencetak gol dengan cara memasukan bola ke gawang lawan. 
Gambar : Permainan Olahraga Polo Air

Olahraga air, bila adu cepat adalah lomba renang, seni adalah renang indah, dan pada permainan bola bisa kita jumpai pada olahraga polo air ini. Bermain bola di air ini tentuya tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa kemampuan khusus yang harus diperlukan diantaranya adalah kemampuan berenang.

Polo air untuk kelas wanita baru dipertandingkan pada Olimpiade di Sydney pada tahun 2000. Para pemain dilarang untuk mneyentuh dasar ataupun pinggiran kolam selama permainan berlangsung yaitu empat sesi dengan masing-masing-sesi selama tujuh menit.

Atlet Polo air diwajibkan memiliki teknik dan ketahanan tubuh sepertin pada atlet renang. Selain itu dibutuhkan pula kemampuan mengoper, mendribel, dan akurasi seperti pada pemain bola (bola tangan), serta kekuatan seperti pada pemain rugby.
Gambvar : Pemain Polo air berusaha melakukan lemparan bola untuk mencetak gol

Dalam sejarahnya, Polo air pernah diperkenalkan sebagai permainan Rugby d dengan versi air di abad 18 di Inggris. Pada abad berikutnya, olahraga ini menjadi semakin populer di Eropa dan Amerika Utara. Kemudian menjadi program tetap dalam Olimpiade 1900 di Paris. Kebanyakan atletnya tinggi dan mempunyai lengan panjang. Ketika dalam permainan, 85% dari tubuh perernang berada di dalam air. 

Khusus pada kategori wanita, hanya terdapat delapan tim yang bersaing seddangkan pada kategori lakli-laki terdapat 12 tim. pada kategori laki-laki, tim yang lolos kualifikasi akan dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing terdiri dari enam tim dan kedua kelompok tersebut akan saling menyisihkan dengan sitem round-robin.
Gambar : Lapangan pertandingan Polo Air 

Empat tim teratas akan maju ke babak perebutan medali. Sedangkan untuk kategori wanita, semua tim yang ada akan memainkan babak penuh dengan sistem round-robin, dan empat tim teratas akan maju ke babak semifinal. Dua tim yang gagal maju pada sistem pertandingan tersebut, maka akan dinobatkan sebagai juara kelima dan keenam.

Itulah sekilas pengetahuan terkait dengan olahraga polo air. Jenis Olahraga ini memang tergolong unik dan menantang. Salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Polo Air - Olahraga Permainan Yang Sangat Seru di Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel