Olahraga Pentatlon atau Pancalomba yang Sangat Cocok bagi Para Atlet Multi Talenta

Olahraga Pentathlon atau Pancalomba yang Sangat Cocok bagi Para Atlet Multi Talenta ~ Olahraga Pentatlon atau Pancalomba adalah jenis olahraga yang mana memperlombakan sekaligus beberapa cabang olahraga dalam sebuah nomor perlombaan. "Penta" yang berarti adalah Lima. Dengan demikian jumlah item perlombaan yang ada pada jenis olahraga adalah 5 Jenis. 
Gambar : Olahraga Pentathlon atau Pancalomba

Kelima cabang olahraga yang diperlombakan dalam olahraga Pentathlon ini adalah ; Menembak, Anggar, Renang, Jumping, dan diakhiri dengan Lari berjarak 3000 meter. Dengan demikian seorang atlet pentatlon selain memiliki bakat olahraga yang multi talent, harus didukung pula dengan sebuah kondisi fisik (daya tahan/endurance) yang mumpuni.

Olahraga Pentathlon disebut juga sebagai olahraga Olimpiade yang sesungguhnya, dan olahraga yang paking mewakili idelaisme Olimpiade. Olahraga ini telah memiliki sejarah yang nyata dan lama. Dengan pondasi olimpiade yang unik, mudah dimengerti bahwa terdapat banyak sisi yang enjabarkan dan membentuk olah raga ini.

Dari peran kepemimipinannya dalam gerakan Olimpiade, hingga aturan dan anggaran dasar yang menjadi panduan operasionalnya, hingga organisasi yang membuatnya terus maju ke depan. Pentatlon yang telah dipresentasikan di seluruh penjuru Dunia, ada terkandung di berbagai budaya dan dituai dalam semangat Olimpiade.

Olahraga Pentatlon adalah olahraga yang mendidik. Ini merupakan keinginan utama dari penciptanya, pierre de coubertin. Olahraga yang lengkap, di sisi fisik, renang, dan lari menjadi disiplin utama ; di sisi mental = menembak memerlukan pengendalian stress serta sebuah teknik yang sempurna. Pada sisi intelektual, Anggar memerlukan intelegensi dan kemampuan beradaptasi yang tinggi ; Berkuda menggunakan kuda yang tidak dikenal sebelumnya membutuhkan perpaduan antara kemampuan adaptasi, pengendalian diri, dan keberanian.

Kejuaran Pentatlon ini dimulai dengan nomor lomba menembak. Atlet Pentatlon memiliki waktu sebanyak 40 detik untuk menembak sebuah target dengan luas 17 cm2 sebanyak 20 kali dengan jarak 10 meter.
Gambar : Menembak

Nomor kedua pada olahraga ini berikutnya adalah Anggar, yang mana menggunakan sistem kompetisi round robin antar peserta perlombaan.
Gambar : Anggar

Yang berikut adalah renang. renang dilaksanakn pada lintasan yang telah disiapkan dengan jarak 200 meter gaya bebas dimana atlet dinilai berdasarkan waktu tercepat. 
Gambar : Renang

Paa nomor keempat yaitu pada arena jumping ring. Para peserta lomba memiliki waktu 20 menit untuk melakukan pemanasan dengan kuda yang dipilih berdasarkan undian sebelum menyelesaikan arena rintangan sepanjang 350 hingga 450 meter dan terdiri atas 12 rintangan tunggal. Satu rintangan ganda, dan satu rintangan tripel dengan total 15 lompatan.
Gambar : Jump ring pada berkuda

Diakhir perlombaan yaitu dengan sebuah kompetisi lari 3000 meter, dengan start berhandicap yang ditentukan oleh total poin yang dikumpulkan masing-masing atlet dari empat even sebelumnya. Para peserta diberangkatkan dalam interval waktu yang sesuai dengan poin pentatlon antara dirinya dan atlet di depannya. Atlet pertama yang mencapai garis finis memenangkan medali emas.
Gambar : Olahraga Lari 3000 meter

Olahraga ini membutuhkun sebuah arena yang cukup panjang. dimulai dari menembak hingga lari 3000 meter; Bagi para penikmat olahraga ini tentunya akan sangat menantikan sebuah kejuaraan lomba ini.

Perlombaan pada olahraga ini dikatakan untuk atelt yang multi talent karena seorang atlet yang hanya paham salah satu aau dua mata loma pada Pentatlon ini akan mengalami kesulitan. Minimal atlet harus menguasia secara baik kelima cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pentatlon ini. 

Demikian ulasan terkait olahraga Pentatlon yang mungkin masih sangat jarang, atau bahkan belum kita jumpai di sekitar kita khususnya di Indonesia. Salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Pentatlon atau Pancalomba yang Sangat Cocok bagi Para Atlet Multi Talenta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel