Olahraga Panahan (Memanah) - Olahraga yang Menjadi Favorit Rasulullah, Anda Harus Tahu Ini

Olahraga Panahan (Memanah) - Olahraga yang Menjadi Favorit Rasulullah, Anda Harus Tahu Ini ~ Olahraga memanah atau panahan adalah olahraga yang menggunakan media busur panah serta anakannya dengan tujuan atau target tertentu. Olahraga memanah atau panahan ini menjadi salah satu olahraga yang termasuk di sukai oleh Rasulullah S.A.W.
Gambar : Target Olahraga memanah 

Olahraga memanah kini makin populer dengan sering di demonstrasikan dan disosialisasikan di tempat-tempat yang ramai. Seperti : tempat wisata, lapangan atau GOR, serta di perumahan-perumahan masyarakat yang memiliki area yang memenuhi untuk olahraga panahan ini.

Dalam olahraga memanah tentunya kita juga pernah mendengar legenda panah dalam media telvisi ataupun majalah yaitu Robin Hood. Dengan demikian kita bisa mengetahui bahwa olahraga memanah ini telah ada sejak abad pertengahan. Hingga saat ini para pemanah masih menghormati sebuah dongeng tersebut. 
Gambar : Patung Legenda Panah Robin Hood

Istilah "Robin Hood" dalam olahraga panahan digunakan jika sebuah panah berhasil membelah panah yang telah ada di target dengan cara memanah ujung anak panah dengan anak panah yang lain.

Olahraga panahan kini telah menjadi modern dengan sistem pertandingan dengan menggunakan 2 pemanah, 12 anak panah dan hanya pemenangnya yang terus berlanjut dan konsep kejuaraan dunia yang men awarkan pertandingan yang menarik  serta dengan tempo yang lebih cepat dan pertunjukan "best of archery" atau panahan terbaik bagi penggemar dan televisi sejak tahun 2006.

Gambar : Ilustrasi Kejuaraan memanah oleh atlit

Panahan atau memanah ini telah menjadi bagian dalamkejuaraan olimpiade dari tahun 1900 hingga 1920. Setelah itu hilang selama sekitar 50 tahun. Di tahun 1904, panahan telah menjadi salah satu cabang olahraga yang mengikutsertakan wanita.Pada tahun 1961, Mrs. Inger Frith menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai presiden dari International Sports Federation, dan melalui usaha dia dan FITA, IOC akhirnya mengikutsertakan kembali olahraga panahan dalam olimpiade di Munich pada tahun 1972. Cabang tersebut tetap ada hingga saat ini.

Lingkaran paling tengah disebut sebagai lingkaran ke 10, berdiameter 12,2 centi meter, dan bernilai 10 poin. Lingkaran paling luar bernilai satu poin, dan lingkaran diantaranya bernilai +1, dengan arah dari luar ke dalam.

Pemanah atau suatu tim, berkompetisi dalam sebuah pertandingan eliminasi perorangan setelah diurutkan dari peringkat 1 hingga ke 64 dalam sebuah kualifikasi. Pemenang dalam semi final, memperebutkan medali emas dan perak dan yang kalah dalam semi final memperebutkan medali perunggu atau juara ketiga.
Gambar : Pelengkapan memanah (Busur dan anak panah)

Belajar Olahraga memanah tidaklah sulit. Dibutuhkan media dan peralatan tentunya busur panah dengan anak panahnya, serta target atau sasaran. Untuk sasaran, bisa kita gunakan modifikasi peralatan sederhana semisal dari hasil gambar, kardus, dll.

Perlu diingat juga tatkala kita belajar olahraga ini harus mengutamakan segi kemananan. Bila dilihat dari sisi keamanan memang olahraga ini cukup mewaspadakan serta tidak bisa dilakukan di sembarang tempat kecuali ada pengawasan khusus.

bagi yang memiliki tempat atau lapangan yang luas tentunya bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk dijadikan sebuah arena memanah. tinggal didesain sedemikian rupa hingga bisa digunakan untuk latihan.
Gambar : Seorang anak kecil yang berlatih olahraga memanah

Tak lupa pula bagi muslim-muslimah dimanapun berada tentunya harus mencoba olahraga Rasulullah ini. Karena dengan mengikuti jejaknya mudah-mudahan bisa menjadikan sebuah jalan untuk menerima syafaatnya kelak. 

Demikian olahraga panahan atau lebih akrab disebut memanah. Yang penting bukan panah asmara ya? itu sangat lah susah bagi muda-mudi. Selamat mencoba, dan Salam PJOK

0 Response to "Olahraga Panahan (Memanah) - Olahraga yang Menjadi Favorit Rasulullah, Anda Harus Tahu Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel