Olahraga Kano atau Kayak - Seperti Apakah Olahraga Ini? Anda Wajib Tahu

Kano dan Kayak adalah sebuah cabang olahraga yang hanya bisa dimainkan di air. Olahraga ini membutuhkan sebuah media perahu kecil. Olahraga ini dimainkan bisa dalam individu maupun dalam beregu.
Gambar : Aneka Kayak atau Kano

Pada awal mulanya Kano dan Kayak dimulai dari beberapa abad yang lalu di sebelah Utara dan Selatan Amerika. Pada saat itu penduduk lokal (orang eskimo dan orang Indian) biasa membuatnya untuk keperluan transportasi, memancing dan bertarung. Mereka bergerak di sepanjang sungai dengan dayung yang panjang dan terbuat dari kayu.

Sebuah bukti arkelogi pertama tentang keberadaan perahu Kano terdapat di dekat sungai Efrat, di sebuah makam raja Samaria. relik tersebut diperkirakan berumur sekitar 6000 tahun. Bentuk dan desainnya lain dari biasanya yang dibuat oleh bangsa Indian. Malah lebih serupa dengan perahu Kano yang dibuat oleh bangsa Eskimo yang tinggal di Amerika Utara dan Greenland.
Gambar : Kano/Kayak Jaman dahulu

Pembuatan perahu Kano yang poada awal mulanya digunakan untuk transportasi barang dan orang, berburu, lomba, hingga perang. Kano ini berkembang sejak jmana batu, dari Samaria hingga Amerika, Oceania dan Australia hingga Greenland serta masihi banyak lagi.

Perahu Kano pada mas awal dipahat dari gelondongan kayu atau tulang paus dan kayu apung yang dilapisi kulit singa laut dan lemak paus yang kedap air. Pada awalnya perahu Kano merupakan benda yang rapuh namun mudah untuk dikendarai. Sekarang ini telah berevolusi menjadi perahu dengan penampilan yang licin dan cepat. Untuk cabang olahraganya terdiri dari beberapa macam bergantung pada jenis medan yang dilombakan. Biasanya akan terbagi menjadi tiga. Yaitu sebagai berikut :
  1. Pendayung menghadap ke depan
  2. Alat dayung tidak terpaut pada perahu.
  3. Sepenuhnya bergerak dengan tenaga manusia.
Gambar : Cara mengemudikan Kano atau Kayak


Cara mengemudikan sebuah kano yaitu seorang atlet harus mempunyai koordinasi antara gerak sang atlet dan pendayungnya. Perahu berperan sebagai pengapung dan airnya berguna sebagai media transportasi. Secara Internasional, kata "canoeing" sering kali dipakai untuk dua jenis aktivitas, baik Kano maupun Kayak yang terdiri dari sejumlah cabang dan jenis perahu, seluruhnya bernaung di bawah sebuah lembaga International Canoe Federation (ICF).

Sebuah desain dan bentuk Kayak modern diambil dari Kayak milik bangsa Eskimo dan Greenland. Sedangkan untuk Kano asli berasal dari Indian serta Amerika Utara.

John Macgregor, seorang pengacara yang verasl dari Inggris pada abad ke 19 mempelajari Kayak kuno dan mendesain perahu yang sama. Ia kemudian menjelajahi sungai-sungai dan danau-danau Eropa dan menjadi penulis perjalanan terkenal pada jamannya. 

Ketika petualang lain menyalin desain perahunya, ia mendirikan Royal Canoe Club dan perlombaan Kano pun dimulai diselenggarakan pada tahun  1866. Cabang Olahraga Kayak atau Kano hanya pada lomba Flatwater yang pertama kali dipertunjukan pada ajang Olimpiade tahun 1924 sebelum dilombakan pada tahun 1936. 

Pada masa awal, cabang olahraga ini hanya banyak didominasi oelh bangsa-bangsa Eropa seperti Jerman, Hungaria, Rumania, Rusia, dan Polandia. Namun demikian sekarang sudah tidak lagi karena persaingan semakin global.

Pelaksanaan Lomba

Gambar : Perlombaan Kano/Kayak

Perlombaan ini diadakan di perairan yang tenang. Para atlet dikondisikan dalam suatu bentuk barisan. Cabang olahraga ini baru dibuka untuk wanita beberapa saat kemudian, akan tetapi hanya untuk kelas Kayak saja yang mana posisi pendayung duduk di kayuh ganda.

Untuk pria, baik cabang Kaon maupun pada Kayak dibuka, dari perahu dayung terbuka hingga posisi berlutut dengan kayuh tunggsl. Terdapat kelas perahu tunggal, ganda dan empat perahu. Perahu untuk Kayak akan diberi huruf K dan C untuk Kano. 
Gambar : Kano/Kayak di Sungai

Jarak yang dilombakan untuk kelas Wanita adalah 500 meter K1,K2, dan K4 (Kayuh tunggal, kayuh ganda, dan empat kayuh dalam kayak). Sedangkan untuk pria yaitu 500 meter dan 1000 meter K1 dan K2, 1000 meter K4 dan 500 meter dan 1000 meter C1 dan C2 (untuk Kano)

0 Response to "Olahraga Kano atau Kayak - Seperti Apakah Olahraga Ini? Anda Wajib Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel