Olahraga Judo - Olahraga Beladiri yang Sangat-Sangat Perlu Anda Ketahui

Olahraga Judo - Olahraga Beladiri yang Sangat Perlu Anda Ketahui ~ Judo dalam bahasa Jepang adalah "cara halus". Judo ini diturunkan dari Jujitsu. Jujitsu adalah suatu teknik pertarungan beladiri tangan kosong para kesatria samurai kuno.
Gambar : Olahraga Judo

Olahraga Judo banyak memiliki kemiripan dengan Jujitsu. Meski kemenangan biasanya diperoleh dengan melemparkan lawannya ke lantai. Olahraga ini merupakan satu-satunya cabang olahraga Olimpiade yang diperbolah kan untuk memanfaatkan fisik lawan sebagai media teknik mengunci lawan.
Gambar : Animasi pertarungan Judo

Judo ini dikembangkan oleh Dr. Jigoro Kano pada tahun 1880 an. Olahraga ini memulai debutnya di kancah Internasional yaitu pada Olimpiade Tokyo 1964. Negara tuan rumah bisa menambahkan satu cabang olahraga dan Jepang ternyata memilih Judo. 

Pertandingan Judo ini dibagi menjadi beberapa kelas. Ada empat kelas yaitu berdasarkan berat. Pada Olimpiade pertama saat itu atlet-atlet Jepang berhasil memenangkan 3 kelas yang ada.

terdapat suatu fenomena yang sangat memukau para penonton yaitu pada kelas empat yakni kelas bebas, dimana atlet berkebangsaan Belanda setinggi 198 cm bernama Anton Geesink berhasil mengalahkan tiga kali juara Nasional Jepang yang bernama Kaminaga Akio. Pertarungan tersebut dihadiri oleh 15.000 penonton di Nippon Budokan Hall.

Pertarungan legenda itupun berlanjut hingga kemudian Kaminaga Akio berhasil mengalahkannya lagi pada even berikutnya. Hal tersebut diikuti oleh serangkaian kemanangannya di awal tahun berikutnya atas atlit-atlit terbaik dari Jepang lainnya. Fenomena tersebut menggoyahkan teori dimana seorang Judoka (Pejudo) terlatih akan mampu mengalahkan lawan sebesar apapun.

Kompetisi

Gambar : Judo - tangan Kimono

Pejudo akan bertarung dalam sebuah kompetisi dengan sistem pertandingan eliminasi tunggal setelah sebelumnya dibagi dalam dua kelompok besar yang ditentukan berdasarkan undian. Perbedaan unik dari kompetisi Judo ini adalah diberikannya dua kali medali perunggu. Untuk menentukannya maka semua pejudo yang dikalahkan oleh salah satu semifinalis dari masing-masing kelompok masuk ke putaran berikutnya. 
Gambar : Pertarungan Olahraga Judo

pertarungan berikutnya masih menggunakan sistem eliminasi tunggal sesuai pada kelompok sebelumnya. Pemenang dari masing-masing kelompok akan menghadapi runner-up dari kelompok lawan dalam pertandingan memperebutkan medali perunggu.

0 Response to "Olahraga Judo - Olahraga Beladiri yang Sangat-Sangat Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel