Olahraga Hoki - Pengertian Sejarah Kompetisi Hingga Cara Bermain

Hoki adalah sebuah canbang olahraga yang dimainkan menggunakan stik dan bola untuk kemudian dimainkan menggunakan stik dengan tujuan memasukan bola ke gawang lawan. Hoki ini merupakan olahraga tertua yang menggunakan bola dan stik.
 
Gambar : Olahraga Hoki

Permainan olahraga Hoki ini sudah dimainkan di Persia sejak 2000 tahun sebelum Masehi. Nama hoki kemungkinan besar berasal dari bahasa Prancis yaitu "hocquet" atau shepherd's crook yang memiliki arti atau merujuk pada stik bengkok yang mana digunakan untuk memukul bola kecil. 

Pertandingan Hoki ini sudah ramai di kalangan masyarakat. Sudah bukan menjadi sebuah hal yang asing lagi Apalagi sekarang menjadi lebih terorganisir di akhir abad ke 19 dan menjadi salah satu cabang di Olimpiade sejak tahun 1908.
Gambar : Perlengkapan Olahraga Hoki

Permainan olahraga Hoki ini dimainkan di rumput asli hingga tahun 1970an, akan tetapi telah menjadi semakin menarik dan terampil.  Negeri India mendominasi olahraga ini kurang lebih selama 3 dekade yang mana selalu memenangkan seluruh 6 medali emas dan 30 pertandingan secara berturut-turut dari tahun 1928 hingga 1956. 
Gambar : Permainan Hoki di Es/Salju

Pemain yang cukup terkenal yaitu Balbir Sing dan kemudian diikuti 4 pemain berikutnya yang bernama sama yang juga bermain untuk team pemenang asal India, dengan mencetak lima goal dengan nilai perolehan 6-1 memenangkan pertandingan hingga memperoleh medali emas terhadap Belanda dui Helsinki pada tahun 1952.

Kompetisi

Gambar : Tim Hoki sedang menyusun strategi

Perlombaan di Nomor laki-laki dan perempuan pada prinsipnya adalah sama. Kompetisi yang dilaksanakn yaitu dimana tim berada di 2 pool yang terdiri dari 6 ronde penyisihan. Setiap tim bermain dengan tim lainnya di pool tersebut. Tim yang menduduki peringkat 2 teratas dari setiap pool melanjutkan ke semi final. Sisa tim yang bermain di pertandingan klasifikasi untuk menduduki peringkat 5 hingga 12. Pemenang semifinalnya akan bermain untuk memperebutkan medali emas dan perak. Tim yang kalah dalam semi final bermain untuk memperebutkan medali perunggu.
Gambar : Penjaga Gawang pada olahraga Hoki

Seorang penjaga gawang pada olahraga hoki tentunya harus mengenakan sebuah pakain khusus yaitu mengenakan atribut helm, serta body protector. Hampir sama pada sepakbola dimana penjaga gawang ini akan selalu bersiap posisinya di seputar gawang. 


0 Response to "Olahraga Hoki - Pengertian Sejarah Kompetisi Hingga Cara Bermain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel