Olahraga Bersepeda - Olahraga Hemat, Seru,dan Rekreasi dan Sangat Cocok Untuk Anda yang Sangat SIbuk Butuh Hiburan

Olahraga Bersepeda - Olahraga Hemat, Seru,dan Rekreasi dan Sangat Cocok Untuk Anda yang Sangat Sibuk Namun Butuh Refreshing ~ Olahraga bersepeda adalah olahraga yang menggunakan media tranportasi sepada yang mana dijalankan dengan jarak serta tujuan tertentu. Olahraga ini bisa dikemas dalam bentuk kegiatann rekreasi, ataupun untuk olahraga prestasi yaitu pada perlombaan.
Gambar: Olahraga Bersepeda (Cycling)

Tahukah anda bahwa sepeda ini diciptakan pada tahun 1817? Tentunya baru tahu ini kan? Sepeda kini telah menjadi alat transportasi. Pada awalnya , roda depan memiliki ukuran yang lebih besar daripada roda belakang. Oleh karena itu posisi pengendara sedikit terangkat dan hal itu sangatlah berbahaya bagi keamanan pengendara karena sepeda jadi sulit untuk dikendalikan.
Gamvar : Sepeda Pada Masa Lampau (Awal pertama tercipta Sepeda)

Pada Tahun 1885, J.K. Starley dari Inggris melengkapi sepedanya dengan sebuah rantai dan gerigi yang mana memungkinakan kedua roda untuk berukuran sama. Walaupun lomba balap sudah terjadi  sejak lama, namun penciptaan sepeda-sepeda ini merangsang kemudian untuk mengadakan sebuah perlombaan di ajang olahraga. 

Cabang bersepeda dalam ajang Olimpiade terdiri dari empat kelas. Diantaranya yaitu road (jalan), Track (lintasan), Mountain Biking, (sepeda gunung), dan BMX. Seperti apakah ke empat kelas tersebut? mari kita simak ulasan berikut ini.

A. Sepeda BMX

Sepeda BMX dimulai pada akhir tahun 60an di Negara California. Bersamaan saat itu adalah olahraga motorcross yang mulai populer di Amerika. Taernyata versi motor ini menjadikan sebuah inspirasi untuk versi tenaga manusia. 
Gambar : Olahraga Sepeda BMX

Anak-anak dan remaja yang mempunyai semangat tetapi tidak mempunyai sarana untuk berpartisipasi dalam ajang motorcross, akhirnya mengadakan perlombaan balap sepeda untuk kalangan mereka dengan merancang rintangan serta sepeda mereka sendiri. Mereka bahkan melengkapi dirinya dengan sebuah kostum dan alat-alat yang bisa melindungi seperti yang digunakan oleh para pebalap mototrcross.

Balap sepeda BMX menawarkan aksi-aksi seru dan memukau, harga murah, serta dekat dengan rumah. Hal ini bisa dilihat alasannya mengapa olahraga ini menjadi populer dengan sangat cepat, khususnya di California. Pada awal 70an, sebuah perkumpulan BMX pun akhirnya didirikan di Amerika. Hal ini resmi dianggap sebagai awal mula dari balap BMX. Seiring perkembangan waktu, olahraga ini akhirnya menyebar ke segakla penjuru dunia, khususnya di Eropa pada tahun 1978.

Pada bulan April 1981, Federasi Internasional BMX didirikan dan kejuaraan pertama pun dilaksanakan pada tahun 1982. BMX dengan cepat berkembang sebagai sebuah olahraga yang sangat unik dan setelah beberapa tahun kemudian, peraturan-peraturan yang ada makin terlihat kesamaaanya dengan olahraga bersepeda daripada dengan motorcross. 

Sejak Januari 1993, BMX menjadi sepenuhnya bergaung dengan International Cycling Union (UCI). Padaa tanggal 29 Juni 2003, International Olympic Committe (IOC) memutuskan untuk mengankat serta mengikutkan BMX pada Olimpiade Beijing pada tahun 2008 di Cina. 

B. Road (Jalan)

Kirkpatrick Mac Milan yang merupakan seorang pandai besi dari Skotlandia, menambahkan pedal serta mekanisme pengungkit untuk mempermudah pengendara mengendarai sepedea. Sebelumnya rider harus mendorong sepeda mereka dengan kaki. Hal demikian dinilai kurang efektif untuk dilombakan.
Gambar : Road Cycling

Pada tahun 1880an, sepeda kembalimengalami perkembangan dengan dikembangkannya sistem rantai dan gerigi. Dengan demikian bentuknya pun menjadi semakin ramping, seperti bentuk sepeda sekarang ini. Semenjak itu para atlet dan perancang berlomba-lomba untuk membuat sepeda yang bisa berjalan lebih cepat lagi.

C. Cycling Track

Bagi orang awam, balap sepeda (road race) dan bersepeda gunung dinilai lebih di klasifikasikan pada olahraga sepeda. Sedangkan Track Cycling tidak. Dalam track cycling, pengendara hanya mengelilingi jalur dengan kemiringan hingga 42 derajat. Hal demikian disebut juga dengan Velodrom. 
Gambar : Track cycling/velodrome

Helm, pakaian, dan sepeda yang digunakan sangat berbeda dengan sepeda yang digunakan pada balap sepeda pada umumnya. Helm tersebut lebih menyerupai kostum dari film luar angkasa, penciptaan sepeda - sepeda aerodinasmis pun dimulai. Sepeda-sepeda tersebutmenawarkan kecepatan yang luar biasa. Namun demikian sepeda tersebut tidak bisa melakukan manuver tertentu, sehingga akan menjadi sedikit kaku dalam balap sepeda dengan jumlah peserta yang lebih banyak atau ramai.

D. Mountain Bike

Gambar : Sepeda Gunung

Mountain Bike (Sepeda Guung) sdslsh olshraga bersepeda yang menggunakan arena lintasan rintangan-rintang di guung. Olahraga ini pertama kali masuk di ajang Olimpiade yaitu di Atlanta pada tahun 1996. Olahraga sepeda gunung pada saat itu telah memasuki usia 40 tahun lebih. Dimulai pada tahun 1953, ketika seorang mahasiswa mengubah sepedanya dan mencoba mengendarainya di sebuah bukit. Kompetisi pertama kalinya diadakan di San Fransisco.
Gambar : Atlet sepeda gunung sedang melakukan manuver

Diakuinya Mountain Biking sebagai salah satu cabang olahraga bersepeda dikarenakan usaha dari Velo CLub Mount Tamalpais. Mereka menciptakan lomba Repack Downhill yang diadakan secar rutin antaratahun 1976 dan 1979 dari jembatan Golden Gate hingga San Fransisco. Kompetisi tersebut akhirnya menarik banyak rider dari segala penjuru untuk mengikutinya, bahkan dari media massa pun ikut tertarik didalamnya.

dari keempat kelas bersepeda diatas tentunya sobat e-Pjok sudah ada pilihan bukan? Silakan pilih yang paling cocok karena dengan bersepeda kita bisa rekreasi sekaligus berolahraga. Salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Bersepeda - Olahraga Hemat, Seru,dan Rekreasi dan Sangat Cocok Untuk Anda yang Sangat SIbuk Butuh Hiburan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel