Olahraga Gulat yang Mulai Populer di Masyarakat

Olahraga gulat merupakan sejenis olahraa pertandingan yang mana mempertandingkan atlet pada arena pertandingan dengan tata cara atau peraturan yang telah ditetapkan. Olahraga gulat ini dipertandingkan dalam bentuk klasifikasi per kelas sesuai dengan berat badan.
Gambar : Olahraga Gulat

Jika Olimpiade adalah sejarah daripada umat manusia di bumi ini, maka gulat merupakan pembukaannya. Tatkala Olimpiade kuno dimulai, Gulat sudah menjadi olahraga yang lebih tua lagi. Gulat juga bisa disebut sebagai olahraga tertua di dunia.

gulat muncul pada sejumlah lukisan Mesir yang berusia lebih dari 5000 tahun yang lalu. Ketika Olimpiade kuno dimulai yaitu pada tahun 776 SM (Sebelum Masehi), lebih dari dua milenium setelahnya. Olimpiade menyertakan gulat menjadi pertandingan utama.

Olahraga ini menjadi peran yang serupa ketika olimpiade dihidupkan kembali pada tahun 1896 setelah absen 1500 tahun. Para panitia pelaksana, mencari hubungan langsung ke masa lampau. Menemukan kealamian dalam gulat yan begitu populer di dunia kuno dari Yunani, Assiria dan Babilonia hingga India, China, dan Jepang. Mereka mulai menghiduppkan kembali gulat Greco-Woman, Gaya yang mereka percayai sebagai turunan langsung daripada pegulat Yunani dan Romawi pada masa lampau.
Gambar : Gulat Greco-Roman (Ilustrasi)

Dalam Gulat Greco-Roman, pegulat hanya menggunakan tangan dan badan bagian atas untuk menyerang. meraka hanya boleh memegang lawan di bagian-bagian itu saja. Ini bekerja sangat baik dari sudut pandang sejarah, namun gaya yang lebih ringan menyebar di Inggris Raya dan Amerika Serikat pada masa itu. Dikenal dengan istilah "catch as catch can" ini menjadi t had become standard fare - and popular professional entertainment - at fairs and festivals in both countries.

Pada tahun 1904, Olimpiade menambahkan satu kelas Gulat dan menyebutnya sebagai "gaya bebas". Pada kelas ini, pegulat kini dapat mengunakan kaki meraka untuk mendorong, mengangkat dan menjegal lawannya. Serta mereka dapat memegang lawan di bagian atas maupun bawah pinggang.
Gambar : Gulat Gaya Bebas (Ilustrasi)

Berikut akan kami bahas mengenai dua gaya dalam Olahraga Gulat yaitu gaya bebas dan gaya greco-Roman. Seperti apakah cara bermain hingga perbedaannya? Mari kita simak paparan dibawah ini.

Ketika Olimpiade modern telah dimulai di Athena pada Tahun 1896, pihak penyelenggara menganggap gulat memiliki sejarah yang sangat penting sehingga menjadi fokus Olimpiade tersebut. Mereka mengingat kisah-kisahpertandingan gulat pada tahun 708 SM, dimana tubuh-tubuh berlumur minyak bertarung di atas pasir di Olimpiade kuno. Gulat Greco-Roman dianggap sebagai turunan murni dari Gulat Yunani dan Romawi kuno. 

Delapan Tahun kemudian, panitia Olimpiade menambahkan kelas yang leboih sederhana, namun lebih populer. Biasanya disebut "catch as catch can", gulat aya bebas sudah mengakar di berbagai pekan raya dan festival di Inggris raya dan Amerika Serikat pada abad 19 sebagai salah satu bentuk hibiran profesional.

Seperti Gulat Greco Roman, gulat gaya bebas pun mengakar pula di Olimpiade. Dalam kompetisi Gulat Greco-Roman, yang sekarang didominasi oleh Rusia, pegulat hanya menggunakan tangan dan tubuuh bagian atas untuk menyerang. Dalam gulat gaya bebas, pegulat juga menggunkan kuncian dan memegang lawan baik di atas maupun di bawah pinggang. Pemenang gulat gaya bebas di Olimpiade 1996 bertarung setalah mengalahkan peserta dari 17 Negara yang berbeda, 15 negara saat Olimpiade Sydney, dan 17 Negara saat Olimpiade Athena.


0 Response to "Olahraga Gulat yang Mulai Populer di Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel