Olahraga Balap Tak Hanya di darat Saja Akan Tetapi Bisa di Air - Olahraga Dayung

Olahraga Balap di Air- Dayung ~ Olahraga dayung adalah salah satu olahraga aquatik yang mana menguji kecepatan dari sebuah media perlombaan dayung itu sendiri. Dayung kini mulai dikenal pada kalangan masyarakat luas karena kiprahnya yang sudah mulai mendunia.
Gambar : Olahraga Dayung

Bila dilihat dari sudut pandang taktik, olahraga ini terdengar seakan melakukan sprint di lima kilometer pertama dalam maraton. Untuk memenangkan balap dayung sejauh 2000 meter maka kru tim dayung harus bisa melakukan sprint di 500 meter pertama.

Olahraga dayung merupakan tes ketahanan yang diselesaikan dalam kecepatan hingga 10 meter per detik. Kru tim dayung akan menempuh jarak sepanjang 1000 meter dengan rata-rata 40 kayuhan per menit. Akan tetapi pada 500 meter pertama dan terakhir kecepatan kayuhannya naik hingga mencapai 47 kayuhan permenit.

Steve Redgrave adalah seorang pedayung master dari Inggris Raya. Bahkan beliau disebut pula sebagai pedayung terhebat sepanjang masa. Kenapa demikian, karena Steve berhasil meraih juara dunia enam kali, dan memenangkan medali emas di lima olimpiade terakhir.

Dayung putri mulai dimasukan pada kejuaraan olimpiade pada tahun 1976, dan kini atlet putri bertanding dalam 6 dari 14 kelas. Balapan dibagi menjadi kelas sculling (masing-masin pedayung memakai dua dayug) dan sweep oar (masing-masing pedayung menggunakan satu dayung). masing-masing kelas tersebut dibagi lagi menjadi kelas rinan dan kelas berat.

Pedayung menggunakan satu dayung di kelas dayung sweep. Perahu bisa memiliki satu , dua , empat, atau delapan pedayung. pada perahu dengan 8 kru pedayung maka akan mendapatkan satu kru tambahan, cox, yan mengemudikan dan mengarahkan pedayung lainnya. Namun di perahu-perahu yang lain salah satu pedayung mengemudikan perahu dengan mengendalikan bilah kemudi kecil yang dilengkapi dengan pedal.

Baik atelt putra maupun putri pada olahraga dayung ini bertanding dalam satu kelas scull tunggal, scull anda, dan scull ganda empat, scull anda kelas ringan, pasangan delapan dan tanpa pengemudi (coxless). Atlet putra juga bertanding dalam kelas empat kelas coxless dan empat orang kelas ringan coxless. 

0 Response to "Olahraga Balap Tak Hanya di darat Saja Akan Tetapi Bisa di Air - Olahraga Dayung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel