Manfaat Kebugaran Jasmani bagi tubuh

Kebugaran Jasmani memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Dengan kondiai tubuh yang bugar maka kita akan menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal dan energic penuh stamina.
Gambar : Jogging dalam rangka meningkatkan kebugaran Jasmani

Manfaat yang dimaksud antara lain yaitu :
  1. Mencegah berbagai penyakit seperti jantung, pembuluh darah, dan paru-paru.
  2. Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan


Disamping itu, kebugaran jasmani dapat meningkatkan kesehatan terutama daya tahan tubuh. Pafa saat kita melakukan latihan kebugaran jasmanibdalam tubuh dalam menghasilkan energi dimana energi terjadi dari pembakaran dengan oksigen. Dengan hal tersebut, jantung  peredaran darah, dan paru-paru (Alat pernapasan) harus giat bekerja untuk menyalurkan oksigen ke bagian-bagian tubuh yang aktif bekerja. Sehingga gerak kerja ataupun latihan yang cukup itu sebenarnya mendorong kerja janting, peredaran darah, dan paru-paru. Alhasil dapat menghasilkan perubahan ke arah yang leboh baik dari keadaan daya tahan tubuh, terutama jantung.

Adapun Perubahan-perubahan tersebut dinamakan "efek latihan". Efek latihan itu diantara lain :
  1. Alat-alat pernapasan bertambah kuat sehingga memungkinkan aliran udara yang cepat ke dalam dan luar paru-paru.
  2. Kerja jantung bertambah kuat dan efisien untuk menmompakan lebih banyak darah yang mengandung oksigen pada tiap denyutan.
  3. Peredaran darah menjadi lancar sehingga unsur-unsur guzi makanan dapat dengan mudah disuplai ke seluruh bagian-bagian jaringan tubuh.
  4. Tegangan atau tonus otot di seluruh tubuh meningkat sehingga menjadikan lebih kuat.


Demikianlah manfaat daripada kebugaran jasmani. Mudah-mudahn memberikan pemahaman yang berarti bagi sobat e-Pjok dimanapun berada. salam PJOK

0 Response to "Manfaat Kebugaran Jasmani bagi tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel