3 Hal Penting dalam Kebugaran Jasmani

Krbugaran jasmani berasal dari kata bugar yang berarti tubuh dalam kondisi sehat serta kuat. Secara Umum berarti kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menjalankan aktivitas serta pekerjaan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa mengalami suatu kelelahan yang berarti dan masih punya cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Gambar : ilustrasi kondisi bugar

Kita harus bisa menjaga kebugaran tubuh kita karena jika tubuh kita berada pada konfisi bugar maka dapat menunjang peningkatan prestasi belajar ataupun pekerjaan. Selain itu juga bisa membuat badan dan pikiran menjadi sehat, tampil percaya diri, dan berpandanganboptimis dan disiplin menjalani kegiatan keseharian.

Kebugaran jasmanibyang diperlukan oleh setiap orang pastinya berbeda-beda. Bergantung pada sifat tantangan fisik yang dihadapinya. Sebagai contoh yaitu seorang kuli yang setiap hari selalu bekerja memanggul barang-barang dengan bobot yang berat, maka ia harus memiliki kekuatan otot, daya tahan yang lebih baik daripada seseorang yang yang kesehariannya bekerja dikantor.

Seorang pekerja kantor tentunya tidak akan banyak menguras tenaga. Ia hanya akan membutuhkan buku-buku darivmeja ke rak buku atau menekan tombol keyboard computer. Dengan demikian tingkat kebugaran jasmani yang mereka miliki dan mereka butuhkan sangat berbeda.

Berikut merupakan 3 hal yang penting dalam kebugaran jasmani yaitu :
  1. Fisik, berkenaan dengan otot, tulang, dan bagian lemak.
  2. Fungsi organ, berkanaan dengan efisiensi sistem jantung, pembulih darah, dan pernapasan (paru-paru)
  3. Respon otot, berkenaan dengan kelenturan, kekuatan, kecepatan, dan kelemahan.

Demikian 3 hal penting yang perlu kita ketahui bersama. Salam PJOK

0 Response to "3 Hal Penting dalam Kebugaran Jasmani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel