Rio Sang Pesilat Dari Nagekeo Ini Akan Mewakili Provinsi NTT di Tingkat Nasional O2SN 2019


Pencak silat merupakan cabang olahraga yang mana merupakan salah satu cabang olahrga yang turut dipertandingkan di elajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). O2SN ini di laksanakan mulai dari jenjnag SD,SMP, dan Tingkat SMA/SMK.

O2SN jenjang SMA telah hingga kini telah digelar sampai tingkat provinsi. Akhir Agustus nanti tepatnya di Aceh akan digelar  ajang puncak O2SN tentunya tingkat Nasional.

Rio Gale salah satu Pesilat dari Kabupaten  Nagekeo merupakan sang pemenang dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mana nanti akan mewakili Provinsi NTT tersebut di tingkat Nasional.
Gambar : Atlet pencak silat Rio Gale

Rio Sangat senang dan bangga karena bisa mewakili NTT melaju ke Tingkat Nasional di Cabang olahraga Pencak silat.

Atket Asal SMA Baleriwu ini menargetkan bisa masuk di tiga besar di kancah pertandingan nasional. Rio mengungkapkan pula bahwa masuk tiga besar saja itu baginya sudah sangat luar biasa apalagi ini pengalaman pertama baginya di tingkat Nasional itu.

Beberapa program latihan seperti biasanya dilakukan dalam kesahariannya. Selain itu lebih diperdalam lagi dengan memperkuat pukulan dan tendangan. Selain itu beberapa latihan dipersiapkan lebih khusus seperti teknik bantingan,guntingan, dan sumpitan.

O2SN Nasional ini merupakan pertama kali baginya berlaga di kancah Nasional sehingga Belum tahu dimana lawan berat nanti di arena pertandingan.

Atlet silat inipun mengungkapkan Ingin masuk di ajang Pekan Olahraga Nasional mewakili NTT. Selain itu juga menargetkan masuk pelatnas Asean Games mewakili Indonesia.

Pesilat yang lahir di Wudu Boawae, 15 Agustus 2002  ini mengungkapkan kepada tim redaksi e-Pjok yang mana juga memiliki kegemaran olahraga permainan bola seperti bola voli. Dari permainan bola voli ini pun dia mengambil nilai-nilai yang bisa diterapkan pada silat seperti keberanian, power lengan, bahkan power kaki, serta dari segi mentalitas.
Gambar : Suasana latihan pencak silat di SDI Danga

Rio sangat berharap banyak pada masyarakat NTT serta meminta doa dari Seluruh warga nasyarakat NTT agar bisa pulang dari arena pertandingan sesuai dengan targetnya sehingga bisa mengharumkan daerahnya yaitu NTT terkhusus Kabupaten Nagekeo.

Pelatih silat dari Nagekeo Sigibertus Tegu ketika di tanya oleh tim redaksi mengungkapkan persiapan ke Nasional ini termasuk mepet waktunya. Sehingga lebih fokus ke teknik-teknik saja. Sedangkan untuk hal lain seperti kekuatan, ketahanan, dan kelincahan sudah terasah di tempo waktu sebelum-sebelumnya.
Gambar : Pelatih Silat Sigibertus Tegu bersama Rio

Beliau juga menargetkan minimal bisa meraih perunggu di ajang O2SN Nasional nanti. Sigit juga berharap khususnya pada masyarakat Nagekeo agar lebih mencintai pencak silat lagi sehingga muncul bibit-bibit potensial dari Nagekeo. "Jangan sampai Silat yang merupayakan budaya asli negeri kita ini hilang atau lenyap di Negeri Sendiri", Ungkap Sang Pelatih yang mengajar di SD Negeri Pomakeke itu.


0 Response to "Rio Sang Pesilat Dari Nagekeo Ini Akan Mewakili Provinsi NTT di Tingkat Nasional O2SN 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel