Permainan Pemanasan Perkenalan PJOK - Nama Saya Ini Bola

Permainan Pemanasan Perkenalan PJOK - Nama Saya Ini Bola ~ Bulan Juli telah memasuki hampir separonya. Ini menandakan bahwasannya tahun pelajaran baru akan segera dimulai. Sobat e-Pjok dimanapun anda berada tentunya akan menghadapi tantangan baru di tahun pelajaran yang baru ini. Dan kami sangat berharap pula mudah-mudahan tahun pelajaran baru ini yang marak polemik tentang zonasi bisa berakhir dengan memuaskan dari berbagai pihak.

Baik sobat e-Pjok disini akan kami bagikan salah satu bentuk permainan pemanasan dalam pembelajaran PJOK di awal pertemuan. Permainan ini memiliki tujuan utama agar para peserta didik serta guru dapat saling mengenal satu dengan yang lainnya.
Gambar : ilustrasi permainan ini bola PJOK

Permainan ini sangat tepat sekali bila kita berikan kepada peserta didik kita yang baru saja masuk sekolah seperti pada kelas 1 Sekolah Dasar, Kelas 7 Jenjang SMP, dan Kelas 10 jenjang SMA/SMK.
Permainan ini cukup simpel yang mana cukup membutuhkan media berupa bola saja. Akan tetapi bola ini tidak di tendang ataupun dipukul melainkan akan di berikan secara baik-baik.

Baik langsung saja berikut adalah prosedur permainannya. Silakan disimak tahap demi tahap ya sobat e-Pjok :
  1. Pertama kali yaitu semua peserta didik berbaris membentuk formasi lingkaran.
  2. Sang Guru memperkenalkan nama dirinya dan kemudian Guru memberikan Bola yang telah disiokan tadi kepada salah seorang peserta didik. 
  3. Peseerta didik yang menerima bola tersebut lalu memberikan bola tersebut kepada teman disebelahnya sambil berkata, "Nama Saya Ronald (Contoh nama anak didik pertama). Bola ini saya terima dari Pak Guru PJOK Messi (Semisal nama guru PJOK tersebut adalah Messi).
  4. Peserta didik berikutnya meneruskan bola yang telah ia pegang kepada teman di sebelahnya sambil berkata, " Bola ini saya berikan kepadamu ya, Bola ini saya terima dari Ronald, dan Ronald menerimanya dari Pak Guru PJOK Messi.
  5. Demikian bola tersebut di serahkah secara estafet sambil mengucapkan kata-kata yang serupa sesuai dengan namanya.
  6. Peserta didik diupayakan bisa menngingat nama-nama peserta didik yang telah mengucapkan namanya tadi.
  7. Apabila peserta didik kita berjumlah besar. Bisa kita modifikasi dengan membagi beberapa kelompok. Semisal perkelompok 7 anak, kemudian setelah semua selesai bisa di acak lagi kelompok tersebut dengan harapan bisa semakin mengenal dan berbaur dengan tan lainnya.
  8. Media Bola tersebut bisa dimodifikasi lagi tergantung kreativitas kita sebagai guru. Prinsipnya benda tersebut memiliki spesifik yang jelas serta tidak membahayakan.


Demikianlah permainan perkenalan yang bisa Bapak /Ibu guru terapkan nantinya pada peserta didik yang baru. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan semakin mengembangkan kreativitas kita semua. Jangan lupa kritik,saran, komentar kami tunggu di kolom komentar di bawah ini. Salam PJOK

0 Response to "Permainan Pemanasan Perkenalan PJOK - Nama Saya Ini Bola"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel