Olahraga Musim Dingin Bersalju - BIATHLON

Olahraga Biathlon adalah olahraga yang bisa dilaksanakan di daerah-daerah yang memiliki musim dingin. Tak cukup hanya musim dingin saja. Namun olahraga ini perlu membutuhkan salju sebagai media dalam perlombaan.

Gambar : olahraga biathlon

Biathlon berasal dari bahasa Yunani yang artinya adalahdua pertandingan. Dua pertandingan yang dimaksudkan diaini adalah cross country skiing dan rifle shooting.

Induk organisasi tingkat internasional nya adalah UIPM (International Modern Pentathlon Union). Mengapa demikian? Karena Biathlon ini bergabung ke Modern Pentathlon akan tetapi kemudian memiliki otonomi khusus dalam program kerjanya.

Ada 4 macam cabang yang diperlombakan. Apa saja keempat cabang tersebut mari kita simak berikut ini :

1. Individual

Gambar : atlet biathlon individual berlari untuk bersiap

Pada cabang ini merupakan cabang Biathlon tertua. Pertandingan berjarak 20 Km untuk pria, sedangkan wanita berjarak 15 Km. Atlet diberikan kesempatan menembak sebanyak empat kali dengan jumlah target sasaran sebanyak 20. Setiap kegagalan dari menembak tersebut diberikan pinalti . Pinalti tersebut yaitu sebanyak satu menit, kemudian ditambahkan dengan hasil dari ski.

2. Sprint

Sprint disini berbeda dengan sprint Atletik. Pada biathlon ini memiliki jarak tempuh perlombaan sebanyak 10 Km untuk pria dan 7,5 untuk wanita. Para atlet diberikan keswmpatan menembak sebanyak 2 kali dengan target aejumlah 10 sasaran. Seperti pada cabang individu, bilamana gagal maka akan mendapatkan pinalti yaitu berupa loop 150 m sebelum melanjutkan balapan.

3. Pursuit

Pada pursuit ini setiap atlet biathlon akan bertanding sesuai dengan perbedaan waktu dari balapan sebelumnya. Panjang lintasannya sendiri sebesar 12,5 Km untuk pria dan 10 Km untuk wanita. Para atlet diberikan kesempatan menembak sebanyak empat kali. Kemudian bila gagal, setiap kegagalan tersebut diberikan pinalti berupa loop 150 m. Peserta yang berhasil mencapai finish pertama adalah pemenangnya.

4. Mass start

Pada cabang mass start ini selurih peserta melakukan start secara bersama-sama. Lintasannya sepanjang 15 Km untuk pria, dan 12,5 Km untuk wanita. Pertandingan ini hampir sama dengan sprint yang mana diberikan kesempatan menembak sebanyak empat kali. Setiap kegagalan diberikan pinalti berupa melakukan loop 150 meter. Peserta yang berhasil mencapai finish terdahulu adalah pemenangnya.

Beginilah permainan biathlon. Nantinya bila kita berkunjung ke negara tetangga yang bersalju jangan lupa untuk mencoba game atau olahraga ini ya. Salam PJOK

0 Response to "Olahraga Musim Dingin Bersalju - BIATHLON"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel