Olahraga Curling - Kira-kira Olahraga apa ini?

Curling adalah sejenis olahraga yang mana dimainkan di atas permukaan es. Dengan demikian olahraga Curling ini kemungkinan besar dilakukan oleh Negara-negara yang memiliki iklim musim dingin.
Gambar : Olahraga Curling

Pada tahun 1966 telah didirikannya sebuah organisasi pusat yang mana menjadi pusat koordinasi selurih penjuru dunia yaitu WCF (World Curling Federation). Olahraga ini bila kita cari di Indonesia akan sangat susah ditemukan, atau bahkan belum bisa dijumpai mengingat cuaca di Negeri Indonesia adalah beriklim tropis.

Tata Cara Bermain

Permainan curling dilaksanakan di atas lapisan es dan menggunakan suhu tertentu. Putra dan putri semuanya bertanding di 10 nomor pada tim. Kedua tim meluncurkan batu seberat 19,96 Kg menuju sebuah lingkaran yang terletak di ujung arena pertandingan. Olahraga ini memiliki tujuan yaitu meluncurkan batu sedekat mungkin menuju lingkaran agar dapat memperoleh nilai yang lebih dari pada lawannya.
Gambar : Tongkat permainan Curling


Gambar diatas merupakan alat yang mana digunakan untuk mendorong batu sekaligus membantu mempercepat peluncuran batu di atas lapisan permukaan es.
Gambar : Batu permainan Curling

Para Pemain

Setiap tim terdiri dari empat pemain. Pemain andalan (lead) dari setiap tim akan mendapatkan giliran pertama untuk melempar. Setelah itu diikuti oleh para anggotanya. Yaitu pemain kedua , ketiga, dan terakhir. Adapun pemain kedua dan ketiga mendapatkan sebutan vice skip sedangkan yang terakhir adalah skip yang mana merupakan kapten tim.
Gambar : Ilustrasi Awal permainan Curling


Permainan diawali dengan lead atau pemain pertama meluncurkan dua batu. Kemudian disusul pemain kedua, dan Seterusnya. Hingga dua pemain meluncurkan kembali batu mereka.

Prosedur Kompetisi

Pertandingan curling ini memiliki 10 babak. Nilai akhir akan ditetapkan bilamana semua batu (16 batu) telah diluncurkan. Tim diperbolehkan memiliki satu atau beberapa batu yang berada di dekat lingkaran. Oleh sebab itu nilai yang diperoleh juga berbeda. Pemenang ditentukan bilamana lawan mengaku kalaah atau tim akan dinyatakan menang bila memperoleh nilai terbanyak pada akhir babak yaitu babak ke sepuluh.


Itulah olahraga Curling. Semoga semakin membuka wawasan kota semua terkait cabang-cabang olahraga yang unik di dunia ini. Salam PJOK

0 Response to "Olahraga Curling - Kira-kira Olahraga apa ini?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel