Olahraga Bobsleigh - Serunya Balapan di Salju

Bobsleigh adalah olahraga salju yang mana dikemas dalam bentuk balapan. Olahraga ini diciptakan oleh seorang yang berasal dari Inggris bernama Robert Sleigh di Tahun 1860. Robert Sleigh, Bobsleigh hampir mirip bukan? Iya lah sang penciptanya.

Induk organisasi internasional nya adalah FIBT yaitu Federation Internationale de Bobsleigh et de Tobogganing. Bila dilihat di Indonesia mungkin olahraga ini belum kita jumpai karena musim di Indonesia tidak ada musim dingin yang membuat daerah bersalju. Olahraga ini sering dimainkan di daerah-daerah bersalju seperti Amerika dan Canada.
Gambar : Olahraga Bobsleigh

Sebuah tim bobsleigh terdiri atas pengerem dan pilotnya pada nomor perlombaan dua orang. Dua orang pendorong bila ditambahkan maka akan menjadi nomor empat orang. Start yang digunakan yaitu Start Berdiri. Para pendorong akan mendorong gerobak atau sled sejauh 50 meter. Jarak tersebut biasanya bisa ditempuh dalam waktu 6 detik dengan kecepatan kuramg lebih 40 Km/Jam sebelum akhirnya para pendorong masuk ke dalam gerobak.

Ada satu jenis olahraga yang hampir sama dengan bobsleigh yaitu skeleton. Pada skeleton ini menggunakan tempat yang sama dengan bobsleigh. Dimulai dengan berlari sambil mendorong gerobak atau sled kemudian sang atlet masuk ke dalam sled nya dengan posisi menghadapa ke depan. Kedua tangan berada di samping untuk mengarahkan gerobak atau sled tersebut dengan pergerakan tubuh mereka. Gerobak ataupun sled alan menuruni jalur dengan kecepatan yang tinggi.

Nomor yang diperlombakan dalam bobsleigh ada tiga. Untuk putra dan putri pada kategori ganda, kategori empat orang putra. Namun pada skelwton ini hanya terdapat dua nomor yaitu perorangan putra dan putri saja.

Kompetisi Bobsleigh dan skeleton dilaksanakan selama dua hari dwngan dua-dua kelas setiap harinya. Waktu tercepat akan menjadi juaranya. Dan bila terjadi waktu yang sama maka akan dinyatakan seri atau posisi yang sama.
Gambar : pemain bersiap mendorong gerobak pada bobsleigh


Tim yang akan melakukan start pertama pada kejuaraan dunia yaitu di olimpiade Musim dingin adkah tim yang memiliki urutan terbaik dunia. Dwngb kata lain peringkat satu dunia akan menempati posisi pertama baru disusul berikutnya.  Kelebihan posisi pertama yaitu jalur masih segar dan halus, belum ada bekas apalagi terpotong-potong.

Bobsleigh ini bila didarat bisa kita ibaratkan balap motor atau moto GP. akan tetapi berada di lintasan salju atau es. Demikian informaai dari e-Pjok, Salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Bobsleigh - Serunya Balapan di Salju"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel