Olahraga Berlayar - Ini dia Olahraga Balap di Air

Olahraga berlayar dahulu kala merupakan suatu bentuk alat transportasi. Olahraga berlayar adalah olahraga yang kompetitif yang memerlukan kombinasi unik dari para atlet, keterampilan, dan teknologi untuk menguasai bagaimana kekuatan angin serta ombak yang ada.
Gambar : olahraga berlayar


Pertama kalinya olahraga berlayar ini dipertandingkan pada ajang Olimpiade di Paris tepatnya pada rahun 1900. Namun demikian format balapan serta kemasan di klasifikasi kelas-kelas yang dipertandingkan kini berubah secara signifikan sejak saat itu. Dengan dimikian bisa dikatakan bahwa olahraga ini memiliki penyebaran yang mendunia dan lebih terjangkau di seluruh penjuru dunia. 

Balapan atau perlombaan berlayar ini dilakukan dengan perahu-perahu yangmana telah dikategorikan dalam kelas-kelas desain tunggal berdasarkan pada kemiripan segi ukuran dan segi beratnya.

Balapan berlayar dilakukan dengan cara mengelilingi arena yang telah ditetapkan dalam arena perlombaan. Dalam perlombaan memiliki variasi berlayar yang beragam seperti upwind, downwind, dan reaching. Namun perlu kita ingat bahwa pelombaan ini tentunya dilaksanakan sesuai dengan klasifikasi nya atu kelas-kelas yang sesuai.

Perlombaan berlayar ini memiliki rentang waktu 30 sampai 75 menit tergantung pada even atau kelas yang diperlombakan. Juri akan memberikan nilai berdasarkan posisi finish dalam setiap balapan yang dilakukan.

Di atas air, perahu akan diidentifikasikan sesuai dengan nama kru di layar utama serta bendera negara asal. Peraturan perlombaan layar ini dari Federasi Layar Dunia yaitu ISAF (International Sailing Federation (ISAF) Berlaku untuk semua perahu yang akan bertanding.

Berikut ini e-pjok akan mencoba memberikan gambaran beberapa kelas yang dipertandingkan dalam perlombaan layar. Silakan diaimak :
  1. 470 - Two Person Dinghy Putra
  2. Laser - One person Dinghy Putra
  3. RS:X - Windusurfer Putra
  4. Star -Keelboat Putra
  5. 470 - Two person Dinghy Putri
  6. Laser Radial -One person Dinghy Putri
  7. RS:X - Windsurfer Putri
  8. Yingling : Keelboat Putri
  9. 49er - Skiff Campuran
  10. Finn - Heavyweight Dinghy Campuran
  11. Tornado - Multihull Campuran

Demikian tadi kelas-kelas yang diperlombakan dalam olahraga berlayar. Cukup asing bukan? Bila anda seorang atlet berlayar tentunya akan paham akan hal ini. Terimakasih sekian dulu dari kami. Salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Berlayar - Ini dia Olahraga Balap di Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel