Olahraga Berkuda - Kamu Harus Tahu ini

Olahraga Berkuda adalah salah satu cabang olahraga profesional yang mana cukup memiliki penggemar lumayan banyak. Olahraga ini masuk olahraga adu cepat yang mana menggunakan media kuda. Dengan kata lain unsur media atau kuda ini memiliki peran yang cukup besar terhadap hasil perlombaan yang akan dilalui. Anda tahu Calon Presiden Prabowo Subianto? Beliau adalah Salah satu tokoh Nasional yang mana seringkali tampil di media dengan menampilkan kuda-kuda miliknya pada awak media. Tak jarang yang sering memberikan komentar terhadap Sang penggemar Berkuda ini.
Gambar : olahraga berkuda

Olahraga berkuda masuk pada perlombaan olimpiade pertama kalinya yaitu pada tahun 1900 kemudian pada tahun 1912. Pelombaan tersebut dikemas hampir sama dengan perlombaan yang terjadi di era ini khususnya pada tahun 2000an ini.
Dulu kala, pertumbuhan olahraga berkuda berkembang cukup pesat. Akan tetapi tak sebanding dengan persaingan yang ada, yang mana para kompetitor yang terlibat dalam pertandingan berskala internasional kurang begitu ramai. Mereka kebanyakan hanya mengetahui sesama mereka, sert para juri pun menerima keragaman lokal yang dikarenakan sederhananya peraturan yang ada pada saat itu. Masuknya Olahraga ini kedalam olimpiade, semakin jelas bahwa dunia internasional telah mengakui betapa berkelasnya olahraga berkuda ini.

Olahraga berkuda memiliki tiga jenis nomor pertandingan. Yaitu Jumping, Dressage, dan Eventing (Three day event). Awalnya kategori three day event atau Eventing ini hanya terbatas untuk kalangan militer saja, sedangkan kategori jumping dan dressage terbuka untuk kalangan umum. Namun demikian hanya beberapa masyarakat saja yang sanggup mengikuti kompetisi hingga tahun 1948.

Uniknya olahraha berkuda ini yaitu manusia dan binatang menjadi satu tim. Apalagi masuk ke ajang Olimpiade. Serta hanya satu dari sedikit kompetisi dimana pria dan wanita dapat berkompetisi secara seimbang.

Menunggang kuda bisa dikatakan olahraga yang istimewa. Disini bisa dilihat kuda dan sang pengendaranya melakukan kerjasama selama bertahun tahun untuk meraih preataai dalam segi keanggunan, kelincahan, kecepatan, serta keberanian.

Kerta kuda serta berkuda telah ada sejak dulu kala yaitu pertandingan kuno bertempatkan di Yunani, akan tetapi sebagian besar hal demikian dimulai ketika pertandingan Olimpiade yang dilaksanakan pada tahin 1912. Tiga buah cabang telah disertakan yaitu dressage, jumping, dan three day event yang mana setiap cabang memiliki persaingan secara individua maupun tim.

Perlombaan berkuda  ini memiliki kelas-kelas yang dipertandingkan. Kelas pertama adalah kelas Individual (Putra dan Putri). Dikelas ini atlet akan dituntut secara individu untuk berlatih dan bekerja keras dalam sebuah perlombaan. Kelas Berikutnya adalah kelas Tim (Putra dan Putri). Dikelas ini nilai kerjasama sangatlah dibutuhkan. Dengan pemisahan kelas tersebut maka akan memberikan peluang yang sama khususnya putra dan putri untuk berprestasi.

Sekian dulu ulasan atau gambaran mengenai olahraga berkuda. Mudah-mudahan bisa menjawab rasa penasaran pada cabang olahraga ini. Kritik komentar silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terimakasih dan salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Berkuda - Kamu Harus Tahu ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel