Olahraga Angkat Berat - Anda Wajib Tahu Sekarang

Olahraga Angkat Berat ~ Angkat berat atau biasa dengan sebutan angkat besi adalah olahraga yang mana menunujukan manifestasi kekuatan manusia secara langsung. Olahraga Angkat berat ini merupakan olahrga yang bisa tergolong olahraga kuno lho sobat e-Pjok. Namun seiring perkembangan jaman Olahraga angkat berat kini tidak hanya menjadi populer, namun tengah berkembang menjadi sebuah olahraga yang modern khususnya pada abad ke 21 ini.
Gambar : olahraga angkat besi /angkat berat

Olahraga Angkat berat atau angkat besi ini tergolong sederhana yang mana hanya menunjukan prosesi mengangkat barbel atau besi dari lantai ke atas kepala dalam satu atau dua gerakan saja. Namun demikian itu hanyalah ilusi semata saja. Bagaimana tidak? Tentunya di sisi lain sebenarnya Olahraga Angkat berat atau angkat besi ini sangat membutuhkan kombinasi dari pada tenaga, teknik, kecepatan, konsentrasi, serta timing yang tepat. Bagaimana penasaran mau mencobanya? Hati-hati ya sobat e-Pjok jangan mencoba sembarangan. Harus ada pendampingan dari sang Pro atau ahlinya.

Para Atlet dari Angkat berat atau angkat besi ini biasanya mendapat panggilan lifter. Jadi lifter adalah nama lain dari sang atlet angkat berat. Nah, di golongan yang tertinggi pada kelasnya biasanya sang lifter atau atlet tersebut mendapatkan julukan Pria ataupun Wanita terkuat di Dunia.
Olahraga Angkat berat atau angkat besi ini kini tentunya sangatlah populer baik di Indonesia maupun di Dunia. Seperti yang kita ketahui pula sang lifter Negeri kita pernah menyabet medali emas pada ajang multi even tertinggi di dunia yaitu Olimpiade. Semangat terus ya untuk para lifter. Terus berjuang untuk mengharumkan negeri kita tercinta ini, Indonesia.

Tahun 1896 tepatnya di Athena ketika digelar Olimpiade modern untuk pertama kalinya olahraga angkat berat atau angkat besi ini sudah dipertandingkan lho sobat e-Pjok. Jadi bisa kita bayangkan ternyata memang olahraha ini cukup bersejarah dari era dahulu hingga sekarang.

Ada dua jenis teknik angkat berat yang bisa lifter lakukan saat perlombaan yaitu sebagai berikut :

1. Snatch

Snatch adalah mengangkat barbel atau besi dari tangan kemudian langsung ke atas kepala yang mana dilakukan dalam satu gerakan. Jadi dalam satu gerakan seorang lifter harus bisa mengubah posisi barbel dari bawah ke atas.

2. Clean and Jerk

Clean and Jerk adalah mengangkat barbel yang mana diposisikan dahulu di pundak, kemudian posisi tubuh berdiri tegak, kemudian berusaha untuk mengangkat barbel yang sudah dipundak tadi ke atas kepala.

Dari kedua teknik tersebut seorang lifter akan diberikan masing-masing tiga kali kesempatan di setiap angkatan. Snatch dan Clean and Jerk yang terbaiklah yang mana nanti akan dinobatkan sebagai sang juara.

Olahraha Angkat berat atau angkat besi ini tentunya memiliki beberapa kelas yang dipertandingkan. Hal ini bertujuan agar terjadi persaingan yang setara, karena secara fisik manusia akan memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Sangatlah tidak mungkin bilamana seorang lifter memiliki berat badan 60 Kg akan dipertandingkan dengan lifter yang memiliki berat 100 Kg. Sehingga sangat perlu diberikannya klasifikasi tiap kelas sesuai berat badan. Berikut adalah kelas yang dipertandingkan dalam olahraga Angkat berat :

Kelas pertandingan untuk putra 

  1. Diatas 105 Kg
  2. 105 Kg
  3. 94 Kg
  4. 85 Kg
  5. 77 Kg
  6. 69 Kg
  7. 62 Kg
  8. 56 Kg

Kelas pertandingan untuk putri :

  1. Diatas 75 Kg
  2. 75 Kg
  3. 69 Kg
  4. 63 Kg
  5. 58 Kg
  6. 53 Kg
  7. 48 Kg

Nah sobat e-Pjok kini bisa membayangkan semisal sobat seorang lifter tatau atlet angkat berat, kira-kira teman-teman masuk kelas mana ketika bertanding nantinya?

Demikianlah sepintas wawasan ilmu yang bisa e-Pjok bagikan tentunya untuk sobat e-Pjok, Bapak/Ibu Guru Olahraha, Para Olahraga mania, serta para seluruh civitas akademik yang sedang penasaran dengan olahraga Angkat Berat ini. Semoga bermanfaat. Bilamana sobat e-Pjok memiliki sebuah problem atau masalah khususnya hal-hal yang berkaitan dengan PJOK, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan silakan ditanyakan di komentar ya. Terimakasih
Salam PJOK.

0 Response to "Olahraga Angkat Berat - Anda Wajib Tahu Sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel