Olahraga Anggar - Olahraga Unik serta Menegangkan Namun di Sukai Masyarakat

Olahraga Anggar - Olahraga Unik serta Menegangkan Namun di Sukai Masyarakat ~ Olahraga Anggar adalah olahraga yang menghibur, bisa digunakan aebagai senjata, dan terpenting lagi bisa sebagai sarana pendidikan atau pun sarana olahraga. Permainan anggar pun memiliki catatan sejarah yang lumayan panjang.
Gambar : olahraga Anggar

Olahraga anggar mungkin ada beberapa sekolah yang sudah mulai memasukan pad materi pembelajaran PJOK, namun tentunya masih sangat jarang ditemui. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu perlengkapan, sarana dan prasarana. Perlu kita ketahui bersama juga bahwa olahraga Anggar ini tidak bisa sembarang kita lakukan. Sangat membutuhkan beberapa pertimbanagn tentunya dalam hal segi keamanan.

Kita semuanya tentu kenal dengan yang namanya pedang. Lalu apa hubungannya dengan anggar? Nah, m sobat e-Pjok mari kita simak bersama mengenai sejarah sekaligus ulasan mengenai olahraga anggar ini.

Sejak dahulu kala pedang telah diciptakan sebagai alat untuk melindungi diri. Baik diri sendiri, orang lain, maupun Kelompok Masyarakat. Sehingga manusia menggunakan ketangkasan dan kekuatannya, serta memilih bahan dan alat sebagai media paling pas untuk digunakan. Disamping itu manusia seiring kemajuan zaman pun memiliki keterampilan yang meningkat. Tentunya keterampilan tersebut di imbangi dengan kepandaian yang dimiliki dan dipadukan dalam sebuah seni olahraga yaitu Anggar.

Tahun 1980an Anggar merupakan olahraga yang sudah di anggap profesional. Dialah Baron Pierre dan Coubertin (Presiden kedua dari International Olympic Committe) yang mana telah menulis peraturan awal Olimpiade dan Dengan jelas menyatakan bahwa olahraga anggar yang sudah profesional dan mendapatkan sebutan Masters mulai diperkenankan unjuk gigi pada ajang multi event tersebut.

Anggar sendiri dipertandingkan pertama kalinya pada ajang Olimpiade  yaitu pada tahun 1896. Dan setelah itu Olahraga Anggar menjadi olahraga yang telah dipatenkan dalam ajang Olimpiade tersebut. Hingga kini Kita semua semakin familiar tatkala ada beberapa stasoun TV yang mana menyiarkan pertandingan Anggar pada ajang Olimpiade, Asean Games, Maupun Seagames.

Di Indonesia olahraga Anggar pun telah di profesionalkan. Kita bisa lihat bersba pada even PON misalnya. Kita akan diauguhkan dengan Olahraga unik satu ini. Bila dilihat dari segi preatasi Olahraga Anggar ini lebih berpotensi untuk meraih prestasi terbaik. Hal itu boleh disebabkan karena olahraga ini masih jarang di lingkungan masyarakat. Nah, teman-teman sekalian ayo segera ikutan di tim anggar daerahmu bila berminat untuk berprestasi ya.

Cara Bermain Olahraga Anggar

Dalam ajang olimpiade, anggar memiliki tiga jenis senjata yaitu :
  1. Foil
  2. Epee
  3. Sabre

Olahraga Anggar dimainkan di tempat atau arena khusus yang memiliki luas kurang lebih 14 x 1,5 meter. Pada saat bertanding harus dilengkapi dengan kabel serta kostum khusus. Seiring dengan kemajuan teknologi, Olahraha Anggar pun menggunakan teknologi terkini yang mana mengaitkan alat Elektronik yang secara otomatis akan memberikan reaksi bilamana terkena tusukan. Dalam satu tim anggar memiliki 3 anggota pemain yang mana masing-masing alan bertanding melawan personil tim lawan. Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem gugur yang mana setiap pemain yang kalah akan langsung tereliminasi.

Olahraga Anggar sendiri pun memiliki Kelas antara lain :
Putra
  1. Epee perorangan
  2. Epee tim
  3. Foil Perorangan
  4. Sabre Perorangan
  5. Sabre tim

Sedangkan untuk Putri :
  1. Epee perorangan
  2. Foil perorangan
  3. Foil tim
  4. Sabre perorangan
  5. Sabre tim

Sahabat e-Pjok Demikian sepintas ulasan terkait olahraga unik yang mana mungkin kota semua belum begitu paham. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman sekalian. Bilamana ada request ataupun pertanyaan silakan cantumkan dikolom komentar. Terimakasih

SALAM PJOK.

0 Response to "Olahraga Anggar - Olahraga Unik serta Menegangkan Namun di Sukai Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel