Mari Mengenal Olahraga Baseball yang Sangat Seru Secara Lebih Dekat

Bisbol atau istilah asingnya baseball adalah olahraga yang dipertandingkan oleh dua tim dimana setiap tim baseball berjumlah 9 pemain. Pelempar (Pitcher) dari tim yang berada di posisi bertahan akan melemparkan bola yang mana disebut bola baseball ke arah batter atau tim lawan yang akan memukul dengan stick atau tongkat pemukul. Lantas tim bertahan berusaha untuk menangkap bola yang dipukul tadi dan berusaha mematikan lawannya dengan cara sesuai peraturan yang ditentukan. Tim pemukul akan mendapatkan point bilamana berhasil berlari dari home base, base 1, base 2, base 3, dan kembali di home plate. Bisbol biasa disebut juga dengan hardballbyang mana merupakan pembeda daripada softball. 
Gambar : Lapangan baseball

Lapangan baseball memiliki bentuk bujursangkar. Setiap sudut terdapat base, mulai dari home base, base 1, base 2, dan base 3. Jarak antara base satu dengan yang lainnya adalah 27,432 meter. Tongkat pemukul harus memenuhi standar profesional yaitu terbuat dari kayu atau logam dengan bentuk silinder panjang dan halus.

Dasar Permainan

Gambar : peralatan baseball (bola, tongkat pemukul, helm, dan base)

Olahraga baseball dimainkan oleh dua tim, setiap tim memiliki 9 pemain. Wasit bertugas untuk mengawasi pertandingan dengan cermat agar bisa menentukan sebuah keputusan yang sebenar-benarnya. Dalam pertandingan profesional wasit berjumlah 4 orang. Akan tetapi terkadang juga bisa berjumlah 6 orang.

Kita bisa lihat di lapangam baseball yang mana terdapat 4 marka di setiap ujung yang kemudian dinamakan base. Base diurutkan secara berlawanan dengan arah jarum jam. Dimulai dari base awal yaitu home plate, kemudian base pertama, kedua, dan ketiga. Base memiliki bentuk bujursangkar dengan ukuran 38 cm yang dibuat sedikit lebih tinggi daripada permukaan tanah. Sudut dari empat base tersebut membentuk diamond dengan masing-masing sisi lapangan baseball adalah 27,4 meter.

Lapangan baseball ini sendiri memiliki dua daerah yaitu daerah dalam (infield) dan daerah luar (outfield). Keseluruhan base ini sendiri terletak di infield. Sedangkan daerah outfield yang dimaksudkan adalah daerah yang berumput diluar infield. Pada sisi base pertama dan base ketiga terdapat garis yang dinamakan foul line yang terus memanjang sampai ke daerah outfield. Daerah yang berada didalam foul line disebut foul territory.

Permainan baseball ini terdiri dari 9 babak yang dinamakan dengan inning. Dua tim yang bertanding ini diberinama tim giliran memukul, dan tim yang dapat giliran melempar. Tim yang mendapatkan kesempatan memukul maka setiap pemain diberikan kesempatan untuk memukul bola secara berurutan sesuai dwngan urutannya. Sedangkan tim yang melempar akan berusaha menjaga, menangkap bola, dan berusaha menatikan lawan dengan cara membakar base, atau dengan di tick, ataupun dibakar. 

Permainan bisa dikatakan satu inning bilamana setiap tim telah mendapatkan kesempatan yang sama. Yaitu sebagai tim yang memukul hingga selesai kemudian gantian. Tim pelempar menjadi tim pemukul, begitupun sebaliknya. Terus demikian hingga 9 kali atau 9 inning. Tim yang menang yaitu tim yangvmana memperoleh nilai terbanyak dalam kalkulasi atau total perhitungan nilai. Bilamana terjadi seri maka akan dilaksanakan inning tambahan sampai diketahui pemenangnya. 

Tim tuan rumah biasanya akan mendapatkan giliran melempar terlebih dahulu. Sedangkan tim tamu atau visitor akan mendapatkan kesempatan untuk memukul bola terlebih dahulu.
Gambar : pemain yang memukul bola (batter)

Seorang batter atau pemukul harus berdiri disisi home plate dan berusaha memukul bola dengan bat atau tongkat pemukul. Batter harua bisa mengayunkan tongkat pemukul dengan cermat agar bisa memukul bola dengan baik sehingga pemain atau rwkan setimnya bisa berlari ke base berikutnya untuk mencetak poin.  Seorang batter memperoleh kesempatan 5. Yang berarti 2 kali strike, dan 3 kali ball out (kesalahan pelempar/pitcher).
Gambar : Pemain yang melempar bola (pitcher)

Bilamana melebihi itu maka pemain harua keluar atau out. Wasit akan mengatakan atrike bilamana pemain gagal memukul, atau diam saja sehingga bola dari pelempar/pitcher bisa ditangkap dengan baik oleh sang penangkap yang bersiap di belakang batter (catcher). Sesangkan ball out disini bilamana pelempar atau pitcher melakukan kesalahan dalam melempar. Misalnya gagal ditangkapboleh catcher, atau lemparan gagal. Bilamana pitcher melempar mengenai anggota tubuh dari batter, maka batter akan mendapatkan hadiah free walk yaitu jalan bebas ke base 1. Free walk pun berlaku kembali bilamana seorang pitcher melakukan kesalahan lebih dari 3 kali dalam melempar bola.

Seorang catcher berada di belakang batter tentunya dengan posisi siap mengenakan helm sekaligus body protector. Seorang catcher yang baik akan bisa memberikan kode untuk mengatur strategi kepada sang pitcher atau pelempar dalam melakukan lemparannya. Biasanya kode mereka ini bersifat rahasia sesuai dengan kode yang telah dipersiapkan sebelum bertanding. 

Pada setiap inning, tim pelempar (fielding team) berusaha untuk mematikan lawan sebanyak 3 kali agar tim yang mendapatkan giliran memukul berhenti dan berganti posisi. Jadi sebagai tim yang mendapatkan giliran memukul bola harus berhati-hati agar pemain tidak mati sebanyak 3 orang.

Berikut adalah tata-cara mematikan lawan (batter) dalam permainan baseball yang mana bisa dilakukan oleh tim yang mendapatkan giliran melempar. Apa saja itu, mari sama-sama kita simak berikut ini :
  1. Menangkap secara sempurna bola dari batter sewaktu melayang sebelum menyentuh permukaan lapangan.
  2. Menyentuh badan pelari dengan bola (tag out).
  3. Menghadang pelari agar tidak bisa berlari sehingga basenya diisi oleh pemain lain (force out).
  4. Melemparkan bola yang tidak bisa dipukul oleh batter dan berhasil ditangkap sempurna oleh catcher sebanyak lebih dari 3 kali (strike out).
  5. Jika tim yang melempar berhasil mematikan tiga anggota tim yang memukul maka half inning atau setengah babak dinyatakan selesai dan tim yang melempar menjadi tim yang memukul bola.

Tim yang memukul harus berusaha mencetak angka dengan cara memukul bola dengan baik sehingga pemukul atau batter bisa lari ke base.  Selain itu pemukul juga harus berusaha agar rwkan setimnya bisa berlari juga kembali ke home plate untuk mencetak angka. Pemukul yang baik akan mengarahkan pukulan ke daerah diantara foul lines agar tim yang berjaga mengalami kesusahan dalam menangkap bola sehingga pemukul bisa lari dengan leluasa. Nah, disaat yang sama pun seorang pelempar atau pitcher akan melempar bola yang sangat sulit untuk dipukul.

Angka bisa dicetak bilamana seorang batter atau pemukul berhasil lari dari base satu hingga kembali ke home plate. Home run bisa terjadi bilamana pemukul berhasil memukul bola keluar jauh dari pagar atau daerah out field. Jika terjadi hal demikian maka pemukul dan semua pelari yang ada di base bisa berlari secara leluasa dan menginjak base secara berurutan sehingga bisa mencetak nilai untuk timnya.

Bagaimana seru bukan? Mari bapak/ibu guru sekalian yang belum pernah mencoba olahraga satu ini segera coba ya? Dijamin sangat menarik. Salam PJOK.



0 Response to "Mari Mengenal Olahraga Baseball yang Sangat Seru Secara Lebih Dekat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel