Kids Atletik dan Jenis-jenis Nomor Yang Dilombakan

Kids Atletik dan Jenis-jenis Nomor Yang Dilombakan ~ Kids atletik adalah cabang pengembangan dari olahraga Atletik yang  mana hanya bisa dimainkan ataupun diperlombakan oleh anak-anak. Biasanya Kids Atletik ini dimainkan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.
Gambar : kids atletik

Kids Atletik ini merupakan olahraga dini yang dikenalkan jauh-jauh hari kepada anak-anak sebagai sebuah upaya untuk menumbuhkan bibit-bibit potensial nantinya pada cabang Olahraga Atletik.

Nomor-nomor permainan pada Kids Atletik ini di susun lebih sederhana dan lebih praktis sesuai kondisi anak-anak. Namanya saja Kids pastinya fokus pada anak-anak. Terdapat empat nomor yang diperlombakan pada cabang olahraga anak ini yaitu :

1. Sprint Gawang

Sprint gawang ini mengadopsi nomor lari gawang pada Atletik. Hanya lintasan lebih pendek yaitu 40 meter. Atlet akan berlari lurus kemudian melewati gawang yang ada kemudian putar balik menuju ketempat semula dengan lari sprint.

2. Lari Formula 

Lari formula ini dilaksanakan pada sebidang lapangan yang memiliki keliling 40 meter. Lapangan dirancang sedemikian rupa yang mana didalamnya terdapat rintangan berupa Gawang, dan cones untuk berlari zig-zag. Di awal berlari atlet harus melakukan roll depan di matras yang telah disediakan.

3. Loncat katak

Loncat katak ini adalah pengembangan dari lompat jauh. Akan tetapi pada loncat katak ini tidak menggunakan awalan lari. Hanya menggunakan awalan di tempat atau standing broad jump. Lompatan dilakukan sebanyak tiga kali dan kemudian diukur jaraknya. Jarak terjauh ialah pemenangnya.

4. Lempar turbo

Lempar turbo merupakan pengembangan dari lempar lembing. Hanya saja lembing disini digantikan sebuah benda yang menyerupai turbo atau peluru. Turbo dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan lebih aman untuk digunakan anak-anak. 

Setiap nomor pada Kids Atletik tersebut akan di tentukan juaranya. Kemudian untuk penentuan juara umumnya atau juara Perlombaan Kids Atletik tersebut adalah dengan sistem akumulasi poin dari setiap nomor-nomor yang dilombakan. Semakin banyak poinnya maka akan semakin berpeluang menjadi juara.

Peralatan Kids atletik diatas biasanya dibeli dalam bentuk paket atau tidak dijual terpisah. Namun demikian biasanya sekolah-sekolah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perlengkapan Kids atletik tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai olahraga anak Kids atletik semoga bermanfaat untuk sobat e-Pjok semuanya. salam PJOK

0 Response to "Kids Atletik dan Jenis-jenis Nomor Yang Dilombakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel