Bola Voli - Sejarah Hingga Bagaimana Cara Bermainnya

Bola voli adalah olahraga tim yang mana mempertandingkan dua tim dengan setiap tim terdiri dari 6 pemain kemudian setiap tim berusaha untuk menyeberangkan bola ke daerah lawan yang dibatasi dengan net menggunakan teknik tertentu. Bola voli ini kalau di Indonesia audah menjadi Olahraha terpopuler kedua setelah Olahraga Sepak bola. 
Gambar : Permainan Bola Voli 

Bola voli diciptakan oleh William George Morgan. Beliau adalah seorang mahasiswa di Universitas Springfield dan direktur dari YMCA si Holyoke, Massachusetts. Awalnya permainan ini bukan bernama bola voli melainkan mintonette.

Permainan Bola voli ini bisa dibilang sangat cepat penyebarannya ke seluruh penjuru dunia. Disamping olahraganya menarik, juga prasarana yang mudah didapatkan yaitu bola, net, serta lapangan yang tidak begitu besar. Olahraga yang berasal dari Amerika ini memiliki induk organisasi yaitu FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

Seiring dengan perkembangan teknik bermain bola voli, tahun 2000 tepatnya sebelum olimpiade di sydney, FIVB ini memperkenalkan ke publik dengan posisi pemain baru dalam bola voli yaitu libero. Libero adalah pemain spesialis untuk bertahan. Pemain ini menggunakan kostum yang berbeda khususnya warnanya dengan rwkan satu tim. Libero bisa diganti oleh anggota tim lainnya dengan kata lain libero ini sifatnya mobile. Libero tidak bisa melakukan servis, memukul bola untuk menyeberangkan bole kedaerah lawan dengan ketinggian lebih tinggi dari net. Juga libero tidak bisa pindah di posisi depan. Namun demikian, sang libero memiliki peran yang cukup besar terhadap keberhasilan dalam penerimaan servis atau bola pertama dari lawan. Setelah keluar, libero bisa masuk lagi menggantikan pemain di dalam lapangan dengan catatan sudah terjadi satu rally permainan yang sempurna.

Kompetisi dalam permainan bola voli dimainkan dengan menggunakan sistem three winning set atau tiga kali kemenangan. Setiap set permainan score sebanyak 25 dan bisa terjadi Deuce saat nilai 24 sama. Tim yang memenangkan set tersebut adalah tim yang berhasil unggul angkanya lebih dari dua poin/score. Bilamana terjadi score set 2-2 maka terjadi set tambahan dengan score 15. Dan bisa terjadi Deuce sesuai aturan pada set-set sebelumnya.

Cara Bermain Bola Voli :

Permainan bola voli ini diawali dengan servis yaitu pukulan pertama menyeberangkan bola ke daerah lawan. Kemudian tim lawan berusaha menerimanya dengan melakukan passing. Setiap tim diberi kesempatan memainkan bola sebanyak tiga kali sentuhan.
Gambar : Seseorang sedang bersiap melakukan servis untuk memulai pertandingan

Sentuhan ke tiga harus menyeberangkan bola ke daerah lawannya. Secara profesional urutan permainan bola voli yaitu servis, Passing, setter, dan smash/spike. Ketika terjadi serangan berupa smash atau spike dari lawan, maka tim bertahan bisa melakukan usaha pertahanan berupa block, atau bendungan dengan melompat meluruskan tangan ke atas untuk menghalau bola spike dari lawan. Pemain belakang tidak bisa melakukan block karena block hanya bisa dilakukan oleh tiga pemain depan. Seiring perkembangan teknik dalam permainan bola voli maka makin seru juga teknik serangan yang dilaksanakan. Teknik spike misalnya bisa berupa quick spike, open spike, semi spike, back spike, back attack, dan lain sebagainya. Kunci kemenangan dari setiap tim biasanya terletak pada setternya yang jeli untuk membaca blok lawan serta mengatur strategi spike yang efisien.

0 Response to "Bola Voli - Sejarah Hingga Bagaimana Cara Bermainnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel