Bola Basket - Pengertian dan Seputar Cara Bermain

Bola basket adalah olahraga pertandingan antara dua tim yang mana terdiri dari 5 pemain dalam setiap tim dan setiap tim berusaha untuk mencetak angka dengan cara memasukan bola kedalam ring/keranjang lawan. Bola basket dapat dilaksanakan diruangan tertutup (Gor) ataupun ruangan terbuka. Olahraga ini membutuhkan lapangan yang relatif kecil sehingga bisa dilakukan dimana saja. Permainan Bola basket ini mudah dipelajari karena melihat bolanya yang besar sehingga mudah untuk mengontrol dan memainkannya. Olahraga Bola basket merupakan olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Seperti Amerika, Eropa bagian selatan, Lithuania, dan juga Di NKRI ini.


Permainan bola basket ini di twmukan oleh James Naismith. Hingga kini olahraga ini sudah mulai berkembang baik peminat maupun improvisasi teknik yang ada dalam basket. Kita kenal salah satu teknik basket yang menjadi daya pikat para penonton yang ada yaitu adalah slam dunk.  Slamdunk adalah rangkaian gerakan yang dilakukan sebagai upaya untuk memasukkan nlbola ke dalam ring yang mana sambil melakukan sedikit gerakan akrobatik yang menarik dan menghibur, serta berkekuatan luar biasa.
Gambar : seseorang berusaha melakukan slamdunk

Teknik bermain bola basket ini terbilang cukup mudah. Beberap teknik bermain bola basket diantaranya adalah :

  1. Dribbble yaitu usaha untuk membawa bola dengan cara berlari ataupun jalan dengan cara memantulkan bola ke lantai. Perlu diketahui pula pada saat mendrible ini tidak boleh lebih dari tiga langkah membawa lari bola. Dan posisi tangan selalu siap drible.
  2. Passing adalah sebuah gerakan memberikan bola kepada rekan satu timnya dengan maksud untuk melaksanakan sebuah serangan atau pola tertentu. Passing dalam basket ini sendiri terdiri dari chest pass, bounce pass, overhead pass, one hand pass, dan masih banyak pengembangan teknik tingkat tinggi lainnya.
  3. Shooting yaitu usaha untuk mencetak angka dengan melemparkan bola basket ke dalam ring lawan dengan menggunakan teknik tertentu. Shooting ini bisa dikembangkan lagi menjadi teknik yang sangat memukau yaitu slamdunk.
  4. Pivot adalah teknik untuk mempertahankan bola yang mana menggunakan salah satu kaki sebagai poros untuk melakukan gerakan memutar sambil melindungi bola dari lawan.
  5. Pola pertahanan dan pola penyerangan atau kita kenal dengan attack and defend.



0 Response to "Bola Basket - Pengertian dan Seputar Cara Bermain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel