Biliar - Sejarah dan Jenis Permainan yang Perlu Anda Ketahui

Olahraga biliar dulunya dimainkan dengan menggunakan dua bola pada meja yang berkantong enam dengan gawang seperti pada permainan Croquet dan tongkat lurus yang mana digunakan sebagai target ataupun sasaran. Kemudian pada abad 18 gawang serta sasaran pun sudah tidak lagi dipakai dalam permainan. Namun tetap mempertahankan bola dan kantongnya saja.
Gambar : Permainan Billiard

Permainan biliar di abad 18 ini banyak dimainkan oleh para bangsawan. Bahkan permainan biliar ini pun pernah populer dengan nama Noble Game of Billiard. Selain para bangsawan, para masyarakat kaum sosial pun turit serta dalam bermain olahraga ini.

Di era tahun 1600 permainan biliar ini sudah cukup dikenal. Shakespeare menyebutkan bahwa permainan ini merupakan karya dari Antony and Cleopatra. Baru 75 tahun kemudian peraturan-peraturan tentang olahraga biliar ini baru di terbitkan.

Alat-alat yang digunakan

Jaman dulu kala tongkat biliar ujungnya besar sehingga susah digunakan ketika bola berada di pinggiran meja. Dengan kondisi tersebut biasanya para pemaian akan menggunakan ujung lain dari tongkat untuk memukul bola. Ujung tongkat yang dipegang ini diberi nama queue yang memiliki arti ekor. Lama kelamaan dipanggil dengan sebutan cue.
Gambar : Meja Billiard


Awalnya para pemain laki-laki sajalah yang bisa bermain menggunakan cue. Para wanita dipaksa menggunakan mace karena takut bisa merobek bahan pelapis meja dengan cue yang mana lebih tajam.

Meja biliar pada awalnya mempunyai pembatas vertikal di tepiannya yang mana memiliki fungsi untuk mencegah bola jatuh. Pembatas itu serupa dengan tepi sungai (riverbanks) dan biasa disebut dengan banks. Bola-bola dapat memantul hingga para pemain akan sengaja untuk mengarahkan pukulannya ke pembatas itu. Sehingga terciptalah teknik pukulan bank shot.

Negara Inggris pun sudah memainkan olahraga biliar ini sejak lama. Yaitu tahun 1770 hingga 1920an. Dialah English Billiards yang bermain dengan tiga bola dan enam kantong di meja yang bentuknya persegi panjang. Mulai abad ke 18, panjang dan lebar meja memiliki perbandingan 2:1 yang mana sebelumnya belum ada batasan atau ukuran meja yang baku.

Permainan biliar dengan gaya Inggris ini masih sering digunakan, akan tetapi kini lebih dikenal dengan sebutan snooker. Permainan yang rumit, penuh warna, dan menggabungkan strategi bertahan dan menyerang. Alat-alat yang digunakan digunakan sama dengan English Billiard akan tetapi bola gang digunakan tidak tiga melainkan 22 bola. Pada saat itu pun olahraga billiard menjadi populer ibarat di Amerika adalah permainan baseball.

Jenis Permainan

Sejak munculnya permainan billiard ini hingga tahun 1870, permainan biliar amerika yang sering digunakan adala American Four - Ball Billiards. Permainan dilaksanakan pada meja yang berukurN 11 - 12 kaki., empat kantong, dan empat bola (dua putih dan dua merah). Permainan demikian ini merupakan perpanjangan dari pada permainan English billiards.


Seorang pemain akan mendapatkan nilai bilamana bola dimasukan ke dalam kantong afau melakukan Carom. Carom yaitu gerakan menyentuh dua atau tiga bola dalam satu kali pukulan. Dengan jumlah bola yang banyak maka cara mendapatkan 13 poin sekaligus dalam satu pukulan. Dari American Four- Ball inilah kemudian terlahir dua permainan yang sangat populer di tahun 1870an. Dua permainan tersebut yaitu Carom dan American fiften - Ball Pool. Carom sederhana dimainkan dengandengan tiga bola di meja yang tidak berkantong, terkadang bisa dipanggil dengan sebutan Straight Rail. Pelopor dari swluruh permainan Carom. Sedangkan American Fifteen Ball Pool merupakan perintis dari pada permainan billiard modern.

Fifteen Ball Pool dimainkan menggunakan 15 Bola yang diberi nomor dari satu hingga 15. Bilamana pemain berhasil memasukan bola, ia akan meneeima nilai yang sesuai dengan nomer pada bola tersebut. Kalau ditotal maka jumlah keseluruhan dari bola adalah 120. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pemain yang mendapatkan nilai separoh lebih atau 61 maka bisa dinobatkan sebagai pemenangnya. Permainan demikian ini biasa disebut dengan 61 Pool yang diselenggarakan pertama kali dikejuaraan billiar pertama pada tahun 1878. Cyrille Dion adala sang pemenang pertama yang mana bersal dar Kanada.
Seiring dengan perkembangan jaman, peraturan permainan pun meiliki beberap perubahan seperti nilai yang semula sesuai nomor bola, kini berubah menjadi nomor kantong yang berhasil dimasuki bola oleh pemain. Sehingga Continuous Pool menggantikan Fifteen Ball Pool dalam permainan kejuaraan.
Gambar : Atlet billiard akan melakukan pukulan

Pemain yang memasukan bola terakhir akan mendapatkan giliran pertama untuk melakukannya break pada permainan selanjutnya dan nilainya akan diakumulasikan ke permainan selanjutnya. Permainan eight Ball diciptakan pada tahun 19. Straight pool pada tahun 1910. Dan permainan Nine Ball mulai berkembang di sekitar.
Inilah seputar sejarah, perkembangan dan tata cara bermain billiard. Semoga bisa memberikan manfaat. Salam PJOK

0 Response to "Biliar - Sejarah dan Jenis Permainan yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel