Apa itu Permainan Bola Tangan? Simak Ulasan berikut termasuk cara bermainnya.

Table of Contents
Bola Tangan adalah salah satu jenis olahraga dalam permainan bola besar yang mana memainkan bola dengan tangan serta dipertandingkan oleh dua tim dengan setiap tim berusaha untuk memasukan bola ke dalam gawang lawan. Bola tangan ini hampir mirip dengan permainan sepak bola dimana ada gawang dan lawan, hanya saja dalam bola tangan ini lebih dominan menggunakan tangan.
Gambar : Permainan bola tangan

Olahraga bola tangan ini ditwmukan oleh G.Wallstorm dari Swedia tepatnya pada tahun 1910. Wow, sudah lama banget ya ternyata bola tangan ini. Awalnya dahulu bola tangan ini dimainkan di lapangan sepakbola. Namun beberapa tahun kemudian seiring perkembangan jaman, maka diperbaikilah aturan serta tata cara bermain dalam bola tangan ini hingga seperti sekarang ini. 

Bola tangan memiliki induk organisasi pusat yaitu IAHF (International Amateur Handball Federation). Organisasi tersebut didirikan pada tahun 1928 bertepatan dengan Olympic games di Amsterdam Belanda. Pertandingan bola tangan ini mulai dipertandingkan dalam kejuaraan dunia. Dan tahukah anda bahwa Yugoslavia merupakan negera yang pertama kali menjadi juara di even besar tersebut untuk kelas putra. Sedangkan kelas putri adalah Uni Soviet.

Cara Bermain :

Permainan bola tangan dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim terdiri dari 7 orang yang harus bekerja sama kaitannya dalam teknis permainan yaitu mendrible, mengoper, menembak, dan menangkap. Setiap tim akan berusaha untuk mencetak angka dengan memasukan bola ke dalam gawang lawan (gol). Tim yang paling banyak mengumpulkan gol akan menjadi pemenangnya. Permainan ini dilaksanakan selama dua babak dimana setiap babak terdiri atas 30 menit yang dipotong 10 menit untuk istirahat.

Post a Comment