Pengertian dan Jenis- Jenis Olahraga By e-Pjok

Pengertian dan Jenis- Jenis Olahraga By e-Pjok ~ Olahraga adalah aktivitas baik jasmani maupun rohani yang mana dilakukan secara sistematis dan terencana untuk mencapai sebuah tujuan tertentu sehingga memperoleh kondisi tubuh yang bugar dan sehat. Aktivitas yang dimaksudkan tersebut terddiri berbagai banyak hal. Ada aktivitas yang dominan jasmani semisal sepak bola, voli, basket, dan lain sebagainya. Serta terdapat aktivitas yang dominan rohaninya semisal adalah permainan catur. jadi kini teman-teman sekalian bisa memahami kenapa alasan catur bisa dimasukan kedalam cabang olahraga. 
Gambar : Berbagai Cabang Olahraga

Olahraga memiliki cakupan yang sangat luas. Dilihat dari tujuannya. Olahraga ini memiliki berbagai jenis. Jenis-jenis olahraga tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Olahraga Pendidikan

Gambar : Contoh olahraga pendidikan (Guru sedang mengajar siswanya pada materi PJOK)

Olahraga pendidikan adalah jenis olahraga yang dilaksanakn dalam rangka mendidik seseorang bisa peserta didik, siswa, mahasiswa, maupun masyarakat untuk memberikan sebuah pemahaman tertentu atau kondisi tertentu. Olahraga pendidikan ini pada umumnya terdapat di lembaga atau institusi pendidikan seperti sekolah, sanggar olahraga, klub olahraga, ataupun sebuah komunitas. Dalam proses kegiatan ini tidak diprioritaskan sebuah hasil yang dicapai. Melainkan bagaimana proses yang terjadi. Adapun di sekolah kita sangat familiar dengan salah satu mata pelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Nah, itulah salah satu contoh nyata Olahraga pendidikan yang bisa kita jumpai dalam kehidupan kita.

2. Olahraga Prestasi

Gambar : Permainan sepak takraw pada olahraga prestasi

Olahraga prestasi adalah jenis olahraga yang lebih mengedepankan optimalisasi sebuah olahraga. Bisa dibilang juga olahraga prestasi ini merupakan olahraga yang dilaksanakan dalam rangka mencapai sebuah prestasi atau memenangkan sebuah kompetisi. Olahraga prestasi ini karakternya adalah memenangkan sebuah persaingan, memenangkan sebuah kompetisi. Sehingga aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan pun disini akan terlihat lebih berat bila dibandingkan dengan jenis-jenis olahraga yang lainnya. Namun dengan adanya olahraga prestasi ini martabat seseorang ataupun sebuah negara bisa terangkat tinggi dengan cara mempersembahkan sebuah kemenangan bagi tim ataupun Negaranya. Kalau di era sekarang ini khususnya bangsa Indonesia memiliki olahraga prestasi yang cukup menonjol dan mendunia yaitu adlaah cabang olahraga bulu tangkis. 

3. Olahraga Rekreasi

Olahraga rekreasi adalah suatu jenis olahraga yang mana menempatkan aktivitas olahraga tersebut dengan tujuan sekedar penyegaran (refreshing), mengisi waktu luang, atau bahkan menjadikan sebuah hiburan. Olahraga rekreasi ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi yang menjalaninya. Kita lihat olahraga Panjat tebing misalnya. Olahraga ini tergolong ekstrim. Namun para pelaku olahraga tersebut akan mendapatkan sensasi tersendiri bilaman telah mencapai sebuah tujuan yang telah direncanakan. Kenikmatan tersendiri yang dimaksud semisal : mendapatkan pemandangan yang istimewa, memenuhi tantangan, atau bahkan memecahkan rekor. Nah, bagaimana teman-teman sekalian. Menarik bukan untuk melakukan olahraga rekreasi ini? Kalau admin tersendiri disini memiliki kegemaran olahraga rekreasi berupa bersepeda. Melintasi jalan-jalan yang baru dengan mengumpulkan koleksi berbagai pemandangan yang sangat indah.
Gambar : Contoh bentuk olahraga rekreasi dengan gerak jalan santai

Ketiga jenis Olahraga tersebut tentunya memiliki sasaran serta peminat masing-masing. Kita lihat pada olahraga prestasi. Olahraga prestasi akan lebih banyak dilakukan oleh masyarakat yang masing memiliki atau menuju usia emas. Inilah yang menyebabkan jenis olahraga ini sangat seru dan menarik karena para pelaku olahraganya bnar-benar menjaalani olahraga tersebut dengan sepenuh hati. 

Kekurangan dan kelebihan dari ketiga jenis olahraga tersebut pun tentunya ada. Namun hal tersebut dapat ditutupi. Ibarat hidup yaitu saling melengkapi. Kini teman-teman sekalian bisa memilih mau olahraga pendidikan, rekreasi atau prestasi. Terserah teman-teman sekalian ya. Yang penting jangan terlalu meforsir diri atau memberikan bebaan yang terlalu berat.

Demikianlah Pengertian dan Jenis- Jenis Olahraga By e-Pjok. Mudah-mudahan meberikan sedikit gambaran untuk Bapak/Ibu atau teman-teman sekalian selamat berolahraga. Terimakasih.

SALAM PJOK

1 Response to "Pengertian dan Jenis- Jenis Olahraga By e-Pjok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel